OLEH : AIN NURWINDASARI
A.   PENDAHULUAN
Harta merupakan titipan Allah SWT kepada umat-Nya untuk dijaga dan ditunaikan hak maupun kewajibannya. Salah satu kewajiban yang harus dilakukan oleh seorang muslim terkait dengan harta yang dimilikinya adalah zakat. Selain itu harta juga mengandung hak yang ditunaikan yakni pajak. Kewajiban maupun hak yang terkait dengan harta didasarkan adanya perintah dalam al-Qur’an yang kemudian diperjelas oleh as-Sunnah agar ditunaikannya zakat.
Permasalahan yang muncul ialah mengenai apakah ada kewajiban lain yang mengikat harta ketika sudah ditunaikan zakatnya. Dalam hal ini terdapat hadis yang diriwayatkan oleh Ibnu Majah mengenai tidak adanya hak dalam harta kecuali zakat. Artinya, ketika harta seseorang telah ditunaikan zakatnya maka harta itu telah bersih dan tidak ada kewajiban lain yang mengikatnya. Begitu pula hadis yang semakna dengan hadisnya Ibnu Majah tersebut yang diriwayatkan oleh at-Tirmidzi dalam sunan kubranya. Hadis ini menjadi penguat argumen sekelompok kaum muslimin yang beranggapan bahwa tidak ada kewajiban lain atas harta ketika zakat telah ditunaikan.
Padahal, dalam kenyataannya, negara masih menarik pajak atas harta yang dimiliki oleh tiap individu. Hal ini menjadi sebuah fenomena yang seakan-akan bertentangan dengan hadis tentang tidak adanya kewajiban pada harta kecuali zakat. Demikian juga jika dilihat pada kenyataannya pada masa Rasulullah dan para sahabat, pajak juga dikenal di samping zakat tetap diberlakukan.
Melihat latar belakang di atas, penulis merasa pentingnya diadakan penelitian mengenai tidak adanya kewajiban pada harta kecuali zakat. Makalah ini akan mencoba melakukan pelacakan terhadap hadis-hadis yang berkaitan dengan masalah tersebut. Pelacakan terhadap hadis tersebut berupa penelitian terhadap sanad hadis terkait dengan ketersambungan sanad maupun kualitas para perawi.

B.   RUMUSAN MASALAH
Latar belakang di atas mendorong penulis merumuskan beberapa masalah dalam makalah ini, sebagai berikut:
1.    Bagaimanakah kualitas hadis yang diriwayatkab oleh Ibnu Majah dilihat dari segi ketersambungan sanad?
2.    Adakah hadis-hadis yang menjadi pendukung kualitas hadis Ibnu Majah?
3.    Bagaimanakah kualitas hadis Ibnu Majah dilihat dari segi kualitas perawi baik dari segi adh-dhabtu maupun al-‘adalah?

C.   I’TIBAR
a.    Hadis yang diriwayatkan oleh Ibnu Majah dalam Sunan Ibnu Majah nomor 1789
حَدَّثَنَا عَلِيُّ بْنُ مُحَمَّدٍ . حَدَّثَنَا يَحْيَى بْنُ آدَمَ عَنْ شُرَيْكٍ عَنْ أَبِيْ حَمْزَةَ عَنِ الشَّعْبِيْ عَنْ فَاطِمَةَ بِنْتِ قَيْسٍ أَنَّهَا سَمِعَتْهُ تَعْنِيْ النَّبِيِّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَ سَلَّمَ  : - يَقُوْلُ ( لَيْسَ فِيْ الْمَالِ حَقٌّ سِوَى الزَّكَاةِ ) [1]
“Ali Bin Muhammad telah menceritakan kepada kami, Yahya Bin Adam menceritakan kepada kami dari Syuraik, dari Abi Hamzah, dari asy-Sya’bi, dari Fatimah Binti Qais bahwa sesungguhnya dia mendengarkannya yakni Nabi SAW bersabda: Tidak ada hak dalam harta kecuali zakat.”
b.    Selain hadis di atas, terdapat hadis yang semakna, yakni hadis yang diriwayatkan oleh At-Tirmidzi dalam sunan at-Tirmidzi nomor 659
حَدَّثَنَا مُحَمَّدُ بْنُ أَحْمَدَ بْنِ مَدَوِيَّةَ حَدَّثَنَا الْأَسْوَدُ بْنُ عَامِرٍ عَنْ شُرَيْكٍ عَنْ أَبِيْ حَمزَةَ عَنْ الشَّعْبِي عَنْ فَاطِمَةَ بِنْتِ قَيْسٍ : قَالَتْ سَأَلَتْ أَوْ سَأَلَ النَّبِيَّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَ سَلَّمَ عَنْ الزَّكَاةِ إِنَّ فِي الْمَالِ لَحَقًّا سِوَى الزَّكَاةِ ثُمَّ تَلَى هَذِهِ الْآيَةَ الَّتِيْ فِيْ الْبَقَرَةِ { لَيْسَ الْبِرَّ أَنْ تُوَلُّوْا وُجُوْهَكُمْ } الْآيَةَ [2]



Skema sanad hadis di atas ialah sebagai berikut:

Text Box: Ibnu Majah




حدثنا   

Text Box: At-Tirmidzi


حدثنا
Ali Bin Muhammad

Muhammad Bin Ahmad Bin Madawiyyah
حدثنا     
Yahya Bin Adam
حدثنا
Al-Aswad Bin Amir
عن   



Syuraik
     عن


عن   
Abu Hamzah



عن   
Asy-Sya’bi



عن   
Fatimah Binti Qais








       سمعته            
Text Box: RASULULLAH SAW






Dari skema sanad di atas, diketahui bahwa hadis mengenai “Tidak ada hak lain dalam harta kecuali zakat” adalah hadis yang memiliki dua jalur periwayatan yakni jalur periwayatan dari Ibnu Majah dan dari at-Tirmidzi. Kedua jalur ini bertemu pada satu perawi bernama Syuraik dan selanjutnya para perawi dari kedua jalur tersebut sama sampai perawi tingkat sahabat/sebelum Nabi SAW (dari Syuraik sampai Fatimah Binti Qais). Dari sini dapat dikatakan bahwa hadis yang diriwayatkan oleh Ibnu Majah ini memiliki satu mutabi’, yakni hadis yang diriwayatkan oleh at-Tirmidzi.

D.   BIOGRAFI DAN KUALITAS PERAWI
Dengan melihat skema hadis di atas, maka jalur sanad hadis yang diriwayatkan oleh Ibnu Majah bisa diringkas sebagai berikut:
Ibnu Majahà Ali Bin Muhammad à Yahya Bin Adam à Syuraik à Abu Hamzah à Asy-Sya’bi à Fatimah Binti Qais à Rasulullah SAW.
Sedangkan jalur sanad hadis yang diriwayatkan oleh at-Tirmidzi adalah sebagai berikut:
At-tirmidziàMuhammad Bin Ahmad Bin Madawiyah à al-Aswad Bin Amir à Syuraik à Abu Hamzah à Asy-Sya’bi à Fatimah Binti Qais à Rasulullah SAW.

Selanjutnya, kita akan melihat bagaimana biografi para perawi dari kedua jalur hadis tersebut agar diketahui kualitas mereka.

Pertama, para perawi dari jalur Ibnu Majah:
1.    IBNU MAJAH
Nama Lengkap:
Muhammad Bin Yazid ar-Rabi’iy Maulahum Abu Abdillah Bin Majah al-Qazwayniy al-Hafidz
Guru dan Muridnya di Bidang Periwayatan Hadis:
Guru-gurunya antara lain:
Ibnu Majah mendengar dari sekelompok orang di Khurasan, Iraq, Hijaz, Mesir, Syam, dan lain-lain.
Murid-muridnya antara lain:
Sekelompok diantara mereka yakni Ibrahim Bin Dinar al-Hawasyi al-Hamdzani, Ahmad Bin Ibrahim al-Qazwayni, kakeknya al-Hafidz Abi Ya’la al-Khalily, Abu ath-Thayyib Ahmad Bin Ruh al-Baghdady asy-Sya’rany, Abu Umar, Ahmad Bin Muhammad Bin Hakim al-Madiny al-Ashbahany, ishaq Bin Muhammad al-Qazwayni, Ja’far Bin Idris, Al-Husain Bin Ali Bin Dinar, Sulaiman Bin Yazid al-Qazwayni, Abu al-Hasan Ali Bin Ibrahim Bin Salamah al-Qazwayni al-Qaththan, Ali Bin Sa’id Bin Abdillah al-Askari.
Komentar para kritikus hadis:
-       Al-Hafidz Abu Ya’la al-Khalil Bin Abdillah al-Khalili al-Qazwayni mengatakan tsiqah kabir muttafaqun, muhtajjun, ma’rifatun bil hadis.[3]
2.    ALI BIN MUHAMMAD
Nama Lengkap
Ali Bin Muhammad Bin Ishaq Bin Abi Syidad, atau Ali Bin Muhammad Bin Abi Syidad, atau Ali Bin Muhammad Bin Syarwa, atau Ali Bin Muhammad Bin Abdurrahman, atau Ali Bin Muhammad Bin Nabatah ath-Thonafasy Abu al-Hasan al-Khaththab.
Guru dan Muridnya di Bidang Periwayatan Hadis:
Guru-gurunya antara lain:
Ibrahim Bin Uyainah, Ishaq Bin Sulaiman ar-Razi, Ishaq Bin Manshur as-Salusy, Ja’far Bin ‘Aun, Hafsh Bin Ghiyats, Abi Usamah Humad Bin Usamah, Hanan Bin Sadir, Dubais Bin Humaid al-Mala’i, Zaid Bin al-Habab, Sufyan Bin Uyainah, Salam Bin Salim al-Balkhiy, Sahl Abi al-Hasan, Syu’aib Bin Harb, Ubadah Bin Kulaib, Abdullah Bin Idris, Abdullah Bin Muhammad al-Bayza’iy, Abdullah Bin Numair, Abdullah Bin Wahab, Abdurrahman Bin Muhammad al-Mahariby, Abdurrahman Bin Mush’ab al-Qath-than, Yahya Bin Adam, Yahya Bin Isa ar-Ramli.
Murid-muridnya antara lain:
Ibnu Majah, Ibrahim Bin Sahlawiyah al-mi’dal, Abu Qudamah Ahmad Bin Muhammad Bin Sa’id al-Qusyairy, Jubair Bin Harun Bin Abdillah al-Kharajani al-Ashbahany, Ja’far Bin Muhammad Bin al-Hasan ar-razy, Abu Yahya az-Za’farany, Hamid Bin Mahmud Bin Isa ats-Tsaqafy, Abu Muhammad al-Hasan Bin Shalih Bin ar-Rabi’, al-Hasan Bin al-Abbad ar-Razi, Abu Ali al-Hasan Bin Muhammad Bin Hamzah ats-Tsaqafy al-Ashbahany al-Haysany, Al-hasan Bin Manshur Bin Muqatil.
Komentar para kritikus hadis:
1.    Abu Hatim: tsiqah, shoduq.[4]

3.    YAHYA BIN ADAM
Nama lengkap:
Yahya Bin Adam Bin Sulaiman al-Qurasyi al-Amwa Abu Zakariya al-Kufy Maula Khalid Bin Khalid Bin Uqbah Bin Abi Mu’ith.
Guru-guru dan murid-muridnya dalam bidang periwayatan hadis:
Guru-gurunya antara lain:
Ibrahim Bin Humaid ar-Ru’asiy, Ibrahim Bin Sa’d az-Zuhri, Israil Bin Yunus, Isma’il Bin Iyasy, Ayub Bin Jabir al-Hanafy, Basyar Bin Assary, Jarir Bin Hazim, Jarir Bin Abdil Hamid, Al-Hasan Bin Tsabit, al-Hasan Bin Shalih Bin Hayy, Al-Hasan Bin Iyasy, Husain Bin Ali al-Ju’fy, Hafsh Bin Ghiyats, Humad Bin Salamah, Hamzah Bin Habib az-Ziyat, Zuhair Bin Mu’awiyah, Sa’id Bin Salim al-Qadah, Sufyan ats-Tsaury, Sufyan Bin Uyainah, Sulaiman Bin al-Mughirah, Syuraik Bin Abdillah an-Nakha’iy, Abdullah Bin Idris, dan lain-lain.
Murid-muridnya antara lain:
Ahmad Bin Hanbal, Abu Raja’ al-Harawy, Ahmad Bin Sulaiman ar-Rahawy, Ahmad Bin Amr al-Waki’iy, Ishaq Bin Ibrahim Bin Nashr al-Bukhary, Ishaq Bin Rahawaih, Basyar Bin Khalid al-Askary, Al-Hasan Bin Ali Bin Affan al-Amiry, al-Hasan bin Ali al-Khalal, al-Husain Bin Ali Bin al-Aswad al-Ajly, Sufyan Bin Waki’ Bin Al-Jarah, Abbas Bin al-Husain al-Qanthary, Abu Bakr Abdullah Bin Muhammad Bin Abi Syaibah, Abdullah Bin Muhammad al-Musnady, Ali Bin Muhammad ath-Thanafisy, Ali Bin al-Madiny, Muhammad Bin Isma’il Bin Aliyah, Muhammad Bin Rafi’ an-Naysabury, Muhammad Bin Abdullah Bin al-Mubarak al-Makhramy.
Komentar para kritikus hadis:
1.    Abu Hatim: tsiqah
2.    Ya’qub Bin Syaibah : tsiqah, katsirul hadis, faqih al-badan.[5]

4.    SYURAIK
Nama lengkap:
Syuraik Bin Abdillah Bin Abi Syuraik an-Nakha’iy Abu Abdillah al-kufy al-Qadhy
Guru-guru dan murid-muridnya dalam bidang periwayatan hadis:
Guru-gurunya antara lain:
Ibrahim Bin Jarir Bin Abdillah al-Bajaly, Ibrahim Bin Muhajir, Ismail Bin Abi Khalid, Asy’at Bin Siwar, Asy’at Bin Abi Sya’tsat, Abi Basyar Bayan Bin Basyar al-Bajaly, Abu Hamzah Tsabit Bin Abi Shafyah ats-Tsamaly, Abu al-Miqdaam Tsabit Bin Harmaz al-Haddad, Jabir al-Ju’fy, Jami’ Bin Abi Rasyid, Abu Shakhrah Jami’ Bin Syidad, Abu Bakr Jibril Bin Ahmar, Hubaib Bin Abi Tsabit, Hubaib Bin Zaid al-Anshary, Hubaib Bin Abi Umarah, al-Hajjaj Bin Arthah, al-Har Bin Ash-Shabah.
Murid-muridnya antara lain:
Ibrahim Bin Sa’d az-Zuhri, Ibrahim Bin Abi al-Abbas, Ibrahim Bin Mahdy, Ishaq Bin Abi Israil, Ishaq Bin Isa Bin ath-Thaba’, Ishaq Bin Manshur as-Salusi, Ishaq Bin yusuf al-Arzaq, Ismail Bin Aban al-Waraq, Ismail Bin Musa al-Fazary, al-Aswad Bin Amir (keduanya syadz), Basyar Bin al-Walid al-Kindy al-Qadhy, Tsabit Bin Musa, Jabarah Bin al-Mughalas, Ja’far Bin Humaid al-Kufy, Hatim Bin Ismail al-Madany, Hajjaj Bin Muhammad, Yahya Bin Adam, Yahya Bin Abi Bakr al-Kirmany, Yahya Bin Sa’id al-Qaththan, Yahya Bin Abdil Hamid al-Humany, Yazid Bin Harun.
Komentar para kritikus hadis tentang dirinya:
1.    Yazid Bin al-Haitsam al-Bad: aku mendengar Yahya Bin Mu’in berkata bahwa Syuraik tsiqah.
2.    Yahya Ibnu Sa’id al-Qaththan: tsiqah tsiqah
3.    Ahmad Bin Abdillah al-Ajaly Kufy: tsiqah, hasanul hadits.
4.    Ya’qub Bin Syaibah: shuduq, tsiqah, sayyiul hifdzi jiddan.
5.    Ibrahim Bin Ya’qub al-Jauzijani: sayyiul hifdzi, mudhtharibul hadits, mail.[6]


5.    ABU HAMZAH
Nama lengkapnya:
Maymun Abu Hamzah al-A’war al-Qashshab al-Kufy ar-Ra’iy
Guru-guru dan murid-muridnya di bidang periwayatan hadis:
Sa’id Bin al-Musayyab, Abi Wa’il, asy-Sya’bi, an-Nakha’iy, al-Hasan, Abi Shalih maula Thalhah, Abu Bakr Bin Umarah, Abu al-Hakim al-Bajaly, Rabah Bin al-Mutsanna, sekelompok jama’ah.
Murid-muridnya antara lain:
Manshur Bin al-Mu’tamar, Wahib Bin Khalid ats-Tsaury, al-Hasan Bin Yahya, al-Humadani (dua Humad), Abu al-Ahwash, Syuraik, Unabasah Bin Sa’id, Yazid Bin Zurai’, Ibnu Aliyah, dan lain-lain.
Komentar para kritikus hadis mengenai dirinya:
1.    Abdullah Bin Ahmad : Dhaiful Hadis, Matrukul hadis
2.    Ibnu Abi Khutsaimah (dari Ibnu Mu’in) : laysa bi syai’in, laa yuktabu haditsuhu.
3.    Al-Jauzijani dan ad-Daruquthni: dhaif jiddan.
4.    Al-Bukhari: Laysa bi dzaka, dhaif, dzahibul hadis, laysa bil qawiy.
5.    Abu Hatim : laysa bil qawiy, yuktabu haditsuhu.
6.    Ya’qub Bin Sufyan : laysa bi matrukil hadis, laa huwa hujjah.[7]

6.    ASY-SYA’BI
Nama lengkap :
Amir Bin Syarahil, dikatakan Ibnu Abdillah Bin Syarahil, dikatakan pula Ibnu Syarahil Bin Abdi Asy-Sya’bi Abu Amr al-Kufy Bin Akhy Qais Bin Abd.
Guru-guru dan muridnya dalam bidang periwayatan hadis:
Guru-gurunya antara lain:
Utsamah Bin Zaid Bin Haritsah, al-Asy’ats Bin Qais al-Kindy, Anas Bin Malik, al-Bara’ Bin Azib, Buraidah Bin al-Hushaib al-Aslamy, Jabir Bin Samurah, Jabir Bin Abdillah, Jarir Bin Abdillah al-Bajaly, al-Harits Bin Abdillah al-A’war, Harits Bin Malik Bin al-Barsha’, Habsyi Bin Junadah, al-Hasan Bin Ali Bin Abi Thalib, al-Husain Bin Ali Bin Abi Thalib, Kharijah Bin ash-Shalt al-Barjamy, Zaid Bin Tsabit, Sa’ad Bin Abi Waqash, Abu Musa al-Asy’ary, ‘Aisyah umul mu’minin, Fatimah Binti Qais.
Murid-muridnya antara lain:
Ibrahim Bin Muhajir, al-Ajlah Bin Abdillah al-kindy, Asma’ Bin Ubaid, Ismail Bin Abi Khalid, Isma’il Bin Salim, Asy’ats Bin Siwar, Badr Bin Utsman, Abu Basyar Bayan Bin Basyar, Taubah al-Anbary, Abu Hamzah Tsabit bin Abi Shafyah ats-tsamaly, Jabir al-Ju’fy, Harits Bin Abi Mathar, Hushain Bin Abdirrahman al-Salamy, al-Hukm Bin Utaibah, Khalid Bin Salamah al-Makhzumy al-Fa’fa’, Dawud Bin Abdillah al-Awdy, Dawud Bin Abi Hindin.
Komentar para kritikus hadis tentang dirinya:
1.    Asy’at Bin Siwar: kabirul ilmi, adzimul hilmi, qadimus silmi minal islami.
2.    Ishaq Bin Manshur (dari Yahya Bin Mu’in dan lain-lain): tsiqah.[8]

7.    FATIMAH BINTI QAIS
Nama lengkap:
Fathimah Binti Qais Bin Khalid al-Qarsyiyah al-Fahriya
Guru-guru dan murid-muridnya dalam bidang periwayatan hadis:
Gurunya adalah: Nabi SAW
Murid-muridnya antara lain:
Al-Aswad Bin Yazid an-Nakha’i, Tamim Abu Salamah, Sa’id Bin al-Musayyab, Sulaiman Bin Yasar, Amir asy-Sya’bi, Abdullah al-Bahy, Abdurrahman Bin Ashim Bin Tsabit, Ubaidillah Bin Abdillah Bin Utbah bin Mas’ud, Urwah Bin Az-Zubair, al-Qasim bin Muhammad Bin Abi Bakr ash-Shadiq, Muhammad Bin Abdirrahman Bin Tsauban, Abu bakr Bin Abi al-Jahm, Abu Salamah Bin Abdirrahman.
Komentar tentang dirinya:
1.    Abu Umar Bin Abdil Bar: muhajirat awal, mempunyai kecantikan, kecerdasan, dan kesempurnaan di rumahnya.
2.    Az-Zubair Bin Bakar: perempuan Najwad.[9]
Dari jalur di atas, diketahui bahwa ada satu perawi yang bernama Abu Hamzah dengan nama lengkap Maymun Abu Hamzah al-A’war al-Qashshab al-Kufy ar-Ra’iy adalah perawi yang mendapat komentar dhaif dan yang semakna dengan dhaif/lemah dari para kritikus hadis. Adanya satu perai yang dhaif ini membuat hadis mengenai “Tidak ada hak pada harta kecuali zakat” menjadi lemah, dari satu jalur ini (jalur Ibnu Majah).
Kedua, para perawi dari jalur At-Tirmidzi:
1.    AT-TIRMIDZI
Nama lengkap:
Muhammad Bin Isa Bin Surah Bin Musa Bin adh-Dhahak, dan dikatakan Ibnu as-Sakan as-Silmi Abu Isa at-Tirmidzi.
Guru-guru dan murid-muridnya dalam bidang periwayatan hadis:
Guru-gurunya antara lain:
At-Tirmidzi mengelilingi dan mendengar orang-orang penduduk Khurasan, Iraq, dan Hijaz.
Murid-muridnya antara lain:
Abu Hamid Ahmad Bin Abdillah Bin Dawud al-Marwazi at-Tajir, al-Haitsam Bin Kulaib asy-Syamiy, Muhammad Bin Mahbub Abu al-Abbad al-Mahbuby al-Mawarzi, Amad Bin Yusuf an-Nasafy, Abu al-Harits Asad Bin Hamdawaiyh, Dawud Bin Nashr Bin Suhaik al-Bazdawy, Abd Bin Muhammad Bin Mahmud an-Nasafy, Mahmud Bin Numair, Muhammad Bin Mahmud, Muhammad Bin Fauj, Abu Ja’far Muhammad Bin Sufyan Bin an-Nashr an-Nasafiyun, Muhammad Bin al-mundzir Bin Sa’id al-Harwy, dan lain-lain.
Komentar para kritikus hadis tentang dirinya:
1.    Ibnu Hibban: tsiqah, mushannif, hafidz, Dzakir.
2.    Al-Khalily: tsiqah, muttafaqun ‘alaih.
3.    Al-Idris: rajulun ‘alimun mutqinun.
4.    Yusuf Bin Ahmad al-Baghdady : bermadharat pada akhir umurnya.[10]

2.    MUHAMMAD BIN AHMAD BIN MADAWIYAH
Nama lengkap:
Muhammad Bin Ahmad Bin al-Husain Bin Madawiyyah al-Qurasyi Abu Abdirrahman at-Tirmidzi.
Guru-guru dan murid-muridnya dalam bidang periwayatan hadis:
Guru-gurunya antara lain:
Isra’il Bin Ziyad, Aswad Bin Amir syadzani, Basyar Bin Ubaid ad-Darisy, Ja’far Bin ‘Aun, Abu Isma’il Hafsh Bin Umar al-Ably, Zakariya Bin Ady, Abu Ashim adh-Dhahak Bin Mukhallid, Abdurrahman Bin Humad asy-Sya’itsy, Abdurrahman Bin Abdillah Bin Sa’d ad-Dasytiky, Ubaidillah Bin Musa, Abu Nu’aim al-Fadhl Bin Dukain, Abu Rabi’ah Fahd Bin Auf, al-Qasim Bin al-Hikam al-Irani, Qabishah Bin Uqbah, Muhadhir Bin al-Muwarra’, Muhammad Bin Jami’ al-uqaily al-Athar, Muhammad Bin Ja’far al-Madainy, Muhammad Bin Umar al-Waqidy, Muhammad Bin al-Fadhl Arim, Musaddad Bin Musarhad, Makiy Bin Ibrahim al-Balakhy, Yunus Bin Muhammad al-Mu’addib.
Murid-muridnya antara lain:
At-Tirmidzi, Hibban Bin Ishaq al-Balkhy al-Karobisiy, Abu Bakr Abdullah Bin Abu Dawud, Muhammad Bin Ibrahim al-Khalidy, Muhammad Bin al-Mundzir Bin Sa’id al-Harwy Syakr, Abu al-Hasan Madha’ Bin Hatim Bin Ubaidillah an-Nasafy, Abu Imran ash-Shaidlany.
Komentar para kritikus hadis mengenai dirinya:
1.    Ibnu Hibban : tsiqah.[11]

3.    Al-Aswad Bin Amir
Nama lengkap:
Al-Aswad Bin Amir Sydzani Abu Abdirrahman asy-Syamiy.
Guru-guru dan murid-muridnya di bidang periwayatan hadis:
Guru-gurunya antara lain:
Syu’bah, al-Humadain, al-Hasan Bin Shalih, Jarir Bin Hazim, Jama’ah.
Murid-muridnya antara lain:
Ahmad Bin Hanbal, dua anak Abi Syaibah, Ali Bin al-Madany, Abu Tsaur, Amr an-Naqid, Abu Karib, ash-Shaghany, ad-Darimy, al-Harits Bin Abi Usamah, dan lain-lain yang lebih besar darinya.
Komentar para kritikus hadis mengenai dirinya:
1.    Ibnu al-Madiny: tsiqah
2.    Abu Hatim: Shudug, shalih.
3.    Ibnu Sa’ad: Shalihul hadis
4.    Ibnu Hibban: tsiqah.[12]

Selanjutnya adalah perawi yang bernama Syuraik dan seterusnya sampai Fatimah Binti Qais tidak disebutkan biografinya karena telah disebutkan pada jalur Ibnu Majah.
Dari kedua jalur tersebut dapat diketahui bahwa ada seorang perawi dhaif yakni Abu Hamzah yang sama-sama ada dalam sanad yang berasal dari Ibnu Majah maupun at-Tirmidzi. Mengingat bahwa keshahihan sebuah hadis mensyaratkan tidak adanya perawi yang dhaif dalam jalur sanad hadis, maka hadis yang mengandung perawi yang dhaif tidak memenuhi syarat hadis yang shahih.

E.   KESIMPULAN
Dari penjelasan di atas, dapat ditarik kesimpulan sebagai berikut:
1.    Hadis yang diriwayatkan oleh Ibnu Majah memiliki sanad yang bersambung sampai kepada Nabi Muhammad SAW.
2.    Terdapat sebuah hadis yang menjadi pendukung kualitas hadis Ibnu Majah dan disebut sebagai muttabi.
3.    Hadis Ibnu Majah dilihat dari segi kualitas perawi baik dari segi adh-dhabtu maupun al-‘adalah adalah termasuk hadis yang lemah disebabkan adanya satu perawi yang dhaif yakni Abu Hamzah, sehingga hadis ini tidak dapat dijadikan hujjah.
















DAFTAR PUSTAKA
Al-Atsqalani, Ibnu Hajar, Tahdzib at-Tahdzib, Mauqi’ Ya’sub
Al-Mazy, Yusuf Bin az-Zakiy Abdurrahman Abu al-Hajjaj, Tahdzib al-Kamal, Cet. ke-1 (Beirut: Mu’assasatu ar-Risalah,1980)
At-Tirmidzî, al-Kutubus Sittah Sunan at-Tirmidzî, edisi Raid Bin Shabri Bin Abi ‘Ulfah, Cet. ke-1 (Riyadh: Maktabah ar-Rusyd, 1426 H/2005 M)
Ibnu Majah, al-Kutub as-Sittah Sunan Ibnu Majah, edisi Raid Bin Shabri Bin Abi ‘Ulfah, Cet. ke-1 (Riyadh: Maktabah ar-Rusyd, 1426 H/2005 M)



[1] Ibnu Majah, al-Kutub as-Sittah Sunan Ibnu Majah, edisi Raid Bin Shabri Bin Abi ‘Ulfah, Cet. ke-1 (Riyadh: Maktabah ar-Rusyd, 1426 H/2005 M), II:2681, hadis no. 1789.

[2] At-Tirmidzî, al-Kutubus Sittah Sunan at-Tirmidzî, edisi Raid Bin Shabri Bin Abi ‘Ulfah, Cet. ke-1 (Riyadh: Maktabah ar-Rusyd, 1426 H/2005 M), I:1837, hadis no 659.
[3] Yusuf Bin az-Zakiy Abdurrahman Abu al-Hajjaj Al-Mazy, Tahdzib al-Kamal, Cet. ke-1 (Beirut: Mu’assasatu ar-Risalah,1980)
[4] Al-Mazy, Tahdzib al-Kamal.
[5]Al-Mazy, Tahdzib al-Kamal.

[6]Al-Mazy, Tahdzib al-Kamal.

[7] Ibnu Hajar Al-Atsqalani, Tahdzib at-Tahdzib, Mauqi’ Ya’sub
[8]Al-Mazy, Tahdzib al-Kamal.

[9]Al-Mazy, Tahdzib al-Kamal.
[10]Al-Atsqalani, Tahdzib at-Tahdzib.
[11]Al-Mazy, Tahdzib al-Kamal.

[12]Al-Atsqalani, Tahdzib at-Tahdzib.

Post a Comment