Nama lengkapnya adalah Microsoft Office OneNote 2007. Orang-orang biasa menyebutnya OneNote. Program ini sudah terinstall ketika Microsoft Office 2007 telah terinstall secara sempurna. OneNote merupakan versi elektronik dari sebuah notebook (buku catatan). OneNote sangat cocok untuk keperluan pencatatan (note taking), berbeda dengan Microsoft Word yang merupakan program pengolah kata (word processing).
OneNote mengorganisasi ide dan pemikiran dengan baik. Kita dapat menuliskan catatan, pemikiran, ide, coretan, pengingat, dan semua jenis informasi lainnya dalam OneNote. 

Tidak seperti format halaman dokumen tradisional program lain seperti pengolah kata atau program spreadsheet, OneNote menawarkan kanvas bebas-bentuk di mana kita bisa mengetik, menulis, atau menggambar catatan dalam bentuk teks, grafik, dan gambar dimanapun dan bagaimanapun kita inginkan. 

OneNote adalah tempat untuk mengumpulkan, mengorganisir, mencari, dan berbagi catatan, kliping, pikiran, materi referensi, dan informasi lainnya. OneNote memungkinkan kita menambah, memindahkan, dan menghapus apa saja pada halaman dan di bagian tersebut. Kita dapat menambahkan spasi lebih di mana dan kapan kita memerlukannya. Kita juga dapat menambahkan gambar, attach file, audio video recorder, drawing dan shapes. Oleh karena itu, OneNote merupakan media mencatat yang sangat powerfull karena kita bisa mencatat tidak hanya berupa teks, tapi juga gambar, suara bahkan video.

Mulai Bekerja Dengan MS OneNote
Untuk memulai bekerja dengan MS OneNote, buat sebuah Notebook Baru dengan menekan lambing segitiga pada tombol New























Beri nama notebook














Pilih pada I will Use it on this computer, kemudian klik next







Pilih direktori tempat menyimpan notebook, kemudian klik create








Sebuah notebook sudah dibentuk, di dalam Notebook terdapat Section dan di dalam Section ada Page (halaman).













Untuk memulai menulis, klik pada area didalam lembar kerja.

Seperti halnya aplikasi office yang lain, untuk memasukan objeck kedalam lembar kerja gunakan menu insert.

Misalnya :
  • Untuk memasukan gambar gunakan Insert – Picture
  • Untuk merekam suara klik pada menu Insert – Audio Recording
  • Untuk memasukan files klik pada Insert – Files
  • Untuk memasukan Video klik pada Insert – Video Recording
  • Onenote sudah mempunyai fasilitas untuk mengcaptur layar menggunakan Insert – Screen Clipping


















Seperti halnya aplikasi MS Office yang lain, tampilan dan fungsi shortcut hampir sama. One note juga terintregasi dengan baik dengan aplikasi office lainnya. Semua aplikasi yang mempunyai fungsi mencetak bisa mengirim cetakannya dalam bentuk file gambar ke dalam lembar kerja onenote. Misalnya dari aplikasi MS Office yang lain kita bisa mengeprint ke dalam Onenote.

OneNote juga dijuluki Si “Smart Diary”, karena program ini mirip dengan buku catatan harian (diary). Dengan OneNote, kita bisa menulis diary tanpa perlu ribet karena tinggal menuliskan apa yang ingin dituliskan atau menggambar apapun apa yang ingin digambar. Dengan OneNote, kita bisa mencatat apa saja yang terlintas dalam pikiran kita dan mengelompokkannya secara teratur.


Beberapa Fitur dari MS OneNote 2007:
1.  Pengelompokan dengan tab dan halaman
Semua catatan dikelompokkan dalam beberapa tab yang disebut section. Setiap tab dibagi lagi menjadi beberapa halaman  yang mempermudah kita melakukan pengorganisasian semua catatan sehingga dapat dengan mudah kita cari.
2.  Setiap halaman bisa terdiri dari banyak catatan
Tidak seperti program pengolah kata yang kaku, kita bisa menuliskan banyak catatan di halaman OneNote di manapun letaknya, bisa di tengah atau di tepi halaman dan tanpa takut kehabisan halaman. Kita tinggal klik di mana saja kita ingin menuliskan catatan. Catatan juga bisa digeser kemana saja kita mau.
3.  Terdapat fasilitas insert
Dengan fasilitas insert, kita bisa menyisipkan gambar, video, audio, dan file jenis lainnya.
4.  Terdapat fasilitas rekaman
Dengan OneNote, kita dimudahkan untuk melihat kembali kejadian saat kita mendapat informasi baik berupa suara maupun video. Kita juga bisa membukanya lagi saat kita butuhkan.
5.  Ada fasilitas Screen Capture
Fasilitas ini berupa icon dengan tulisan clip, dimana kita dapat memotrer layar yang sedang tampil di monitor dengan cara menyeleksinya terlebih dahulu dan kemudian dapat menjadikannya format gambar (.png).
6.  Ada fasilitas Tag-To-Do
Ini adalah sebuah checkbox (kotak cek) di depan tulisan yang mana jika kita telah menyelesaikan sebuah pekerjaan, kita bisa memberikan tanda centang pada checkbox tersebut. Ada sekitar 30 Insert Tag yang lain seperti Insert Tag idea (dengan gambar lampu), Insert Tag Highlight, dan lain sebagainya.
7.  Semua catatan ada di satu tempat
Semua catatan yang ada di OneNote ada di satu tempat sehingga kita dengan mudah menemukannya dan tidak tercecer. Berbeda dengan MS Word yang menyimpan catatan dalam satu file, sehingga semakin banyak catatan akan semakin banyak file dan menyulitkan untuk menemukan file yang telah kita buat.
8.  Dapat membuat catatan bersama dan disharing
Dengan OneNote kita bisa bekerja sama dalam membuat sebuah catatan. Maksudnya adalah beberapa orang dapat mengerjakan catatan dan mengedit bersama-sama secara real time. Untuk itu harus ada sebuah komputer yang menjadi server dan yang lain tinggal gabung.
9.  Tidak perlu save
Semua yang kita tuliskan dalam catatan secara otomatis akan disave oleh OneNote. Kita tidak perlu khawatir dengan catatan apakah telah disimpan atau belum.
Dengan OneNote, tugas-tugas pencatatan maupun dokumentasi kita semakin mudah. Selamat mencoba, semoga sukses...!

Oleh : Ain Nurwindasari

Diolah dari sumber-sumber:
Sukajiyah, Berkenalan dengan Si “Smart Diary” Mocrosoft Office OneNote 2007, <http://sukasains.com/tulisanku/berkenalan-dengan-si-smart-diary-microsoft-office-onenote/>, akses tanggal 8 Juni 2012
Taufan Prakoso, Ap Itu Microsoft Office OneNote 2007, <http://topan.web.id/apa-itu-microsoft-office-onenote-2007>, akses tanggal 8 Juni 2012




2 Komentar

Posting Komentar