Minggu, 25 Agustus 2013

Insyaallah tulisan ini bukan untuk riya’, melainkan semata-mata untuk berbagi pengalaman dan semoga menambah keyakinan kita semua tentang keutamaan bersedekah. Dulu saya kurang yakin dengan kelipatan yang diberikan oleh Allah bagi orang yang bersedekah.
4 ATAU10 KALI LIPAT
Pengalaman mendapatkan 10 kali lipat pernah saya alami ketika saya masih kecil. Saya lupa-lupa ingat waktu itu bersedekah berapa. Tapi semoga ini tidak mengurangi esensi semangat bersedekah kita. Dan saya ingat betul waktu itu bahwa uang yang saya sedekahkan bukan hanya kembali, tapi juga berlipat-lipat kembalinya ke saya, kalau nggak 4 kali ya 10 kali. Waktu itu saya senang sekali.
Tapi, keyakinan belum seperti sekarang. Hingga pengalaman bersedekah berlalu begitu saja. Tidak ada upaya untuk mengulangi apalagi meningkatkan sedekah.
LEBIH DARI 10 KALI LIPAT
Sudah lama saya tidak menyentuh dunia sedekah. Saya juga tidak mengkaji lagi keutamaan sedekah. Bahkan mengingat bahwa sedekah itu membuat harta kita berkah saja hampir tidak pernah. Entah angin apa yang membuat saya kemudian mendownload mp3 kajian yang disampaikan oleh Ustadz Yusuf Mansur tentang sedekah. Saking senangnya download, ada sekitar 100 file pengajian Ustadz YM bertema tidak jauh-jauh dari sedekah. Semakin saya dengarkan semakin saya bersemangat untuk memperbaiki diri, terutama pada aspek keinginan untuk bersedekah.
Saya juga membeli bukunya Ustadz Yusuf Mansur yang berjudul The Miracle OF Giving, Keajaiban sedekah. Buku yang saya sudah bisa tebak isinya itu menjadi jalan hidayah Allah kepada saya untuk meningkatkan sedekah dengan meyakini janji Allah. Bahwa barang siapa yang sedang sempit rizkinya, maka berinfaklah. Saya jajal waktu itu saya ingin sekali membeli buku-bukunya Ustadz Yusuf Mansur yang lain, Mencari Tuhan Yang Hilang, Kun Fayakun, dan lain-lain. Rasanya tidak sabar untuk membaca buku demi buku beliau.
Waktu itu saya ingin memiliki uang 100 ribu untuk membeli bukunya Ust YM. Saya pikir, mungkin 100 ribu sudah cukup untuk membeli satu atau dua buku Ust YM, untuk mengobati rasa penasaran saya pada buku-buku Ust YM. Untuk langkah awal, karena sudah mendapat ilmu sedekah, Hari itu juga, setelah membeli buku The Miracle OF Giving, Keajaiban sedekah, saya ke masjid—kebetulan sehabis beli buku tsb saya ada rapat forum da’iyah di masjid—lalu saya sedekahkan uang saya sebesar 10 ribu.
Saya masih ingat waktu saya menyedekahkan uang 10 ribu dengan berdoa agar Allah memberi saya rizki untuk bisa membeli bukunya Ust YM, itu adalah hari selasa tanggal 16 April 2013. Saya hanya bisa menunggu kapan Allah akan memperlihatkan janji-Nya. Waktu terus berjalan, bulan Ramadhan pun menghampiri. Pengalaman bersedekah terus aku asah, sampai sudah tidak terkenang lagi pengalaman bersedekah yang 10 ribu itu. Ketika menjelang Syawal, seorang Ustadz saya menelpon, katanya saya mau dikasih hadiah. Singkat cerita, hadiah yang dimaksud adalah uang sejumlah 1 juta untuk membeli buku-bukunya Ustadz Yusuf Mansur. Masih ingat sedekah saya tadi? Ya, 10 ribu. Ternyata Allah membalasnya dengan 100 kali lipat. Hanya dalam waktu 4 bulan. Subhanallah...
Masih di masa yang tidak jauh berbeda. Saya melakukan sedekah dengan suatu harapan lagi. Saya lupa kapan tepatnya saya sedekah yang satu ini. Waktu itu di asrama teman saya, saya bilang. “Mbak, kamarmu kog gak panas ya? Padahal nggak ada jendelanya. Kog kamarku panas ya? padahal ada jendelanya.”
Teman saya langsung jawab. “Ya iya lah, orang kamarku ada kipas anginnya sedangkan kamarmu nggak ada.”
“Oh iya yah.. hehehe”
Lalu saya bilang lagi ke teman saya. “Kipas angin kayak gitu, harganya berapa ya mbak?”
“Paling 70 ribu”
Dengan sedikit ilmu sedekah saya, saya bilang. “Yaudah Mbak, uang pulsa tadi tidak usah dibayar. 6 ribu kan? Saya sedekahkan untuk Mbak. Trus, gorengan yang tadi (saya lupa seribu atau dua ribu) saya sedekahkan juga. Mudah-mudahan Allah bales dengan saya bisa beli kipas angin seharga 70 ribuan. Amien.. “
Saya waktu itu sambil berbaring dan berdoa. Berharap apa yang saya katakan barusan bukan sekedar omongan biasa. Tapi doa yang akan dikabulkan oleh Allah.
Saya ingat, hari itu adalah hari kamis. Dan subhanallah, kamis berikutnya, yakni seminggu setelah saya sedekah ke teman saya tersebut, saya dapat uang 200 ribu. Saya langsung ingat bahwa ini adalah balasan dari Allah. Tidak ada yang perlu diragukan lagi dari balasan sedekah. Saya langsung belikan kipas angin, dan beberapa kebutuhan saya. Sisanya saya sedekahkan lagi, sebagai rasa syukur saya.
BERSAMBUNG...

_Ain NurWS­_