saya tahu, bahwa sedekah itu tidak selalu dibalas kontan. Tapi, bersedekah dengan tujuan agar Allah memudahkan urusan menurut saya tidak ada salahnya. Allah sendiri yang bilang "Barang siapa yang disempitkan rezekinya, hendaklah ia bersedekah" (Ath-Thalaq ayat 7). Disempitkan rezekinya sehingga belum bisa berangkat haji, disempitkan rezekinya sehingga belum bisa menikah, dan lain-lain, begitu saya menafsirkannya.

Pembaca, saya punya keinginan untuk menghajikan kedua orang tua saya. Keadaan ekonomi keluarga kami belum bisa dikatakan cukup untuk mendaftar haji. Maka sampai saat ini orang tua saya belum bisa berangkat haji (ya iyalah, daftar saja belum). Saat ini, kalau kita mau haji, antrinya saja lama luar biasa. Bisa sampai 15 tahun. Sedangkan orang tua saya sudah sepuh. Kalau harus menunggu segitu lamanya sepertinya tidak mungkin. Maka saya tidak tahu harus berbuat apa selain mengharapkan rahmat Allah. Saya mulai bersedekah dengan niat agar kedua orang tua saya bisa haji, minimal umrah. Maka pada awal Ramadhan 1434 H lalu, saya menyedekahkan sepasang anting saya yang itu adalah hasil pembelian orang tua saya sejak saya kecil (sekarang usia saya hampir 23 tahun).

Sekarang, ketika saya merencanakan pernikahan saya...
Saya berrencana menikah dua tahun lagi. Saya perkirakan dana yang dibutuhkan sekitar 70juta. Maka, sejak sekarang saya berkomitmen dan sudah melaksanakan sedekah setiap bulan minimal 550rb. 550rb x 24 bulan = 1350000. Jika Allah menghendaki, maka Allah akan mengganti sedekah saya 132juta. Saya perkirakan jika pernikahan saya menghabiskan 70 juta, maka masih ada uang sisa sekitar 62 juta. Cukuplah untuk kedua orang tua saya pergi umrah. Kalau Allah menghendaki, balasannya bisa lebih besar lagi. Insyaallah. Dan saya yakin itu.

Kalian mungkin menganggap saya terlalu berlebihan. Saya hanya memakai ilmu yakin. Saya yakin bahwa Allah akan melipatgandakan amal setiap manusia. Allah akan membalasnya. "Barang siapa yang melakukan amal kebaikan, maka baginya 10 kali lipat." (QS. Al-An'am : 110).

Pembaca boleh meniru cara saya yang belum terlihat hasilnya ini. Boleh juga mengkritiknya.

Ain Nurws

Post a Comment