Wahai muridku, ilmu pengetahuan tanpa amal adalah kegilaan, dan amal tanpa ilmu adalah sebuah kehampaan.

Ketahuilah bahwa seseorang akan dihukum pada hari perhitungan ialah orang yang tidak mendapatkan manfaat dari ilmunya. Oleh karena itu, berlakulah sesuai dengan ilmu yang kamu capai.

Wahai muridku, hiduplah selama yang kamu inginkan, akan tetapi kamu pasti akan meninggal. Cintailah apa saja yang kamu inginkan, tapi ketahuilah kamu akan terpisah darinya. Berlakulah seperti apapun yang kamu inginkan dan kamu akan diberi balasan atas kebaikanmu.


Ketahuilah bahwa ada ilmu tertentu tidak dapat diajarkan melalui pembelajaran dan diskusi. Jenis ilmu ini hanya dapat dicapai melalui pengalaman langsung. Hanya untuk merasakan rasa manis atau pahit tidak dapat diketahui kecuali dengan merasakannnya.

Wahai muridku, ketahuilah bahwa jika kamu mencari kebenaran, kamu harus mengatur dirimu bahwa kamu sedang melakukan perjalanan spiritual dan untuk itu kamu memerlukan empat hal.

Pertama, adalah sebuah keimanan yang otentik dengan sistem kepercayaan dan prinsip yang jelas.

Yang kedua, aadlah pertobatan yang tulus, setelah itu kamu harus menghindari melakukan dosa terdahulu.

Yang ketiga adalah berdamai dengan musuh. Maka tidak akan ada orang yang punya hak untuk bermusuhan denganmu.

Dan akhirnya, yang keempat adalah memperoleh ilmu yang cukup mengenai hukum syari’ah agar bisa menjalankan perintah Allah.

Dalam perjalanan ini, bekerjalah untuk kehidupan duniamu dalam proporsi secukupnya agar kamu bisa tinggal sesuai yang kamu butuhkan dan bekerjalah untuk akhiratmu sesuai proporsi untuk akhiratmu yang kamu butuhkan.

Wahai muridku, ketahuilah bahwa sebagai orang yang melakukan perjalanan spiritual kamu harus mempunyai seorang ahli sebagai pembimbing untuk membersihkan karaktermu, memastikan kamu di jalan Allah. Namun tidak semua orang yang berpengetahuan luas adalah tepat untuk tanggung jawab ini. Carilah seorang pembimbing dengan karakteristik berikut ini.

Orang yang tidak mencintai dunia maupun popularitas. Proses pemuridan adalah bagian dari rantai yang kembali kepada para Nabi. Dan orang yang pandai dalam mendisiplinkan jiwanya.



Pembaca bisa menemukan videonya di: https://www.youtube.com/watch?v=gF4A7DdMpx4


terima kasih sudah membaca :)

4 Komentar

  1. Mencari ilmu atau menuntut ilmu..!! :-) ilmu dulu atau amal dulu, atau amalan tanpa ilmu :-)
    (Senangnya mencari ilmu:

    BalasHapus
    Balasan
    1. bareng-bareng... mencari ilmu dan mengamalkannya semampunya

      Hapus
  2. Makasih udah diingatkan

    BalasHapus

Posting Komentar