Oleh: Ain Nurwindasari (
Radio PCIM Dunia, 30 April 2016
 5 miskonsepsi itu adalah:
  1. Hijab itu arabisasi
  2. Hijab itu udah nggak jaman, pakai hijab berarti ga modern
  3. Pakai hijab itu nanti aja kalau udah saatnya (nikah, ibu2)
  4. Hati dulu deh yang dihijabin, baru fisiknya
  5. Pakai hijab biar terlihat cantik dan anggun

 miskonsepsi: kesalahpahaman

1.     Hijab itu arabisasi

Anggapan ini mungkin karena mengira bahwa karena Rasulullah diutusnya di negara Arab (Mekkah dan Madinah)

Kenyataannya:

Hijab itu perintah Allah

وَلَا يُبْدِينَ زِينَتَهُنَّ إِلَّا مَا ظَهَرَ مِنْهَا وَلْيَضْرِبْنَ بِخُمُرِهِنَّ عَلَى جُيُوبِهِنَّ وَلَا يُبْدِينَ زِينَتَهُنَّ إِلَّا لِبُعُولَتِهِنَّ أَوْ آبَائِهِنَّ أَوْ آبَاء بُعُولَتِهِنَّ أَوْ أَبْنَائِهِنَّ أَوْ أَبْنَاء بُعُولَتِهِنَّ أَوْ إِخْوَانِهِنَّ أَوْ بَنِي إِخْوَانِهِنَّ

“dan janganlah mereka menampakkan perhiasannya, kecuali yang (biasa) nampak dari padanya. Dan hendaklah mereka menutupkan kain kudung ke dadanya, dan janganlah menampakkan perhiasannya kecuali kepada suami mereka, atau ayah mereka, atau ayah suami mereka, atau putera-putera mereka, atau putera-putera suami mereka, atau saudara-saudara laki-laki mereka…” (QS. An Nur: 31)

Orang Arab waktu itu juga nggak semuanya memakai hijab. Makanya ketika ayat tentang hijab turun, mereka bergegas mencari kain apapun untuk digunakan sebagai hijab. Mau itu korden, taplak meja, atau apapun lah mereka gunakan sebagai hijab.

Orang Arab saat ini pun demikian. mereka banyak yang nggak pakai hijab.

Dan yang terpenting nih, suatu perintah/syariat yang diberikan Allah bukan karena di tempat itu gimana. Jadi meski misalnya ayat tentang hijab turun di pedalaman papua yang orangnya saat itu nggak pake baju, tetap aja perintahnya ya memakai hijab/menutup aurat. Mau ayatnya turun di Arab, Amerika, Indonesia, atau manapun, perintah Allah untuk menutup aurat bagi seluruh umat Islam tetap seperti itu.

Karena merasa nggak mau arabisasi, makanya mereka menusantarakan diri. Biar jadi indonesia banget makanya pakai bajunya ya ala-ala orang Indonesia aja. Lha emang perempuan Indonesia dulu, dulu banget nih ya kalo mau jujur, pakaiannya jeans gitu? Celana pencil gitu? Atau pakai basic pant? Apa kemben?

Lagian Allah dan Rasul-Nya nggak nyuruh kita pakai hijab modelnya kayak apa. Yang penting pada prinsipnya menutup seluruh aurat. Plus nggak ketat n nggak nerawang.

Jadi kalau mau jujur, sebenarnya nggak mau arabisasi apa nggak mau nerima perintah Allah? Maunya Indonesia banget apa justru kebarat-baratan?

Dijawab di hati masing-masing ya ukhty...

2.     Hijab itu udah nggak jaman, pakai hijab berarti ga modern

wah, bisakah ini diterima?

Alasan mereka: sekarang itu udah jamannya kebebasan, semua orang harusnya bebas pakai pakaian apa saja, kalau pakai hijab jadi nggak bebas. Kerja jadi nggak bebas, gerak nggak bebas.

Jawaban: buktinya banyak muslimah yang jadi polisi, bahkan jadi pemadam kebakaran. Dan jutaan muslimah mengajar, menjadi dokter, jurnalis, dsb.

Alasan mereka: pakaian hijab itu untuk jaman belum modern

Jawaban: Justru Islam datang untuk membawa kemajuan berfikir, dulunya bangsa Arab, terutama perempuannya, mereka memakai baju ala kadarnya. Lalu Islam datang membuat mereka lebih terjaga baik kehormatan maupun fisiknya.

Nah, justru orang yang belum mendapat ilmu pengetahuan, orang pedalaman sana, orang yang nggak dapat informasi, mereka nggak pakai pakaian. Justru orang yang memakai pakaian, menjaga tubuhnya, terutama menjaga auratnya sesuai dengan agamanya itu menunjukkan dia tidak hanya dalam ilmu pengetahuannya tapi juga religiusitasnya.


3.     Pakai hijab itu nanti aja kalau udah saatnya (nikah, ibu2)

Sebagai umat Islam, kita sangat dianjurkan untuk bersegera melakukan kebaikan. Kebaikan kok ditunda-tunda.

Dan bersegeralah kamu kepada ampunan dari Tuhanmu dan kepada surga yang luasnya seluas langit dan bumi yang disediakan untuk orang-orang yang bertakwa” (Ali imran:133)

Siapa yang tahu umurnya sampai berapa? Siapa yang bisa menjamin orang akan meninggal setelah menikah? Menikah itu belum pasti, dan yang pasti adalah kepastian.

 Sahabat nggak mau kan, gegara nunda-nunda hijab eh malah cuman bisa pakai hijab untuk pertama dan terakhir kalinya berupa kain kafan. Duh, sedih la.. :’(


4.     Hati dulu deh yang dihijabin, baru fisiknya

Nah.. Nah.. Nah... Ini nih yang sering banget kita denger. Kedengarannya suci sekali pemikiran ini ya. Hijabi hati dulu baru badan.

Jadi gini sahabat, hijab itu perintah tersendiri, memperbaiki hati juga perintah tersendiri.

Jadi kalau hati kita baik, kita dapat satu kebaikan, lalu kita berhijab maka berarti 2 kebaikan.

Kalau berhijab saja, maka satu kebaikan, hati belum baik? ya diperbaiki.

Nah, sekarang nih, Memangnya ada hati yang baik tapi dia nggak taat sama Tuhannya?

Soalnya, ada juga nih yang bilang: lebih baik muslimah hatinya baik, jujur, santun, daripada muslimah berhijab tapi hatinya nggak baik.

ya mending berhijab dan berhati baik.

Hijab memang nggak menunjukkan bahwa seseorang berhati bersih, tapi hijab adalah suatu bentuk ketaatan kita kepada Allah, sang pemilik hati kita.J

Sambil berhijab, berdoa juga agar Allah juga memperbaiki hati kita. Karena Allah lah Sang MAHA PEMBOLAK-BALIK HATI kita, sahabat.


5.     Pakai hijab biar terlihat cantik dan anggun

Alhamdulillah kita bersyukur ya karena sekarang muslimah semakin maju dan semakin memahami perintah Allah, bahwa hijab itu wajib. Makanya sekarang juga banyak produsen baju yang melihat fakta ini. Mereka memproduksi baju-baju muslimah yang syar’i dan cantik.

Nah untuk yang satu ini sahabat harus pintar2 melihat hati... Untuk apakah tujuan berhijab? Untuk terlihat cantik kah? Atau untuk menutup aurat.

Karena terkadang,, Saya sendiri juga harus mikir berkali-kali kalau mau beli baju...hehe

Sering kali tergiur, “kayaknya kalau pakai baju itu aku jadi cantik” hoho

Padahal baju yang dilihat di olshop kan lagi dipakai artis. Ya jelas cantik. Dan kadang itu nggak sesuai dengan tubuh kita. Dipakai oleh orang lain yang langsing bin imut baju all size itu terlihat pas. Tapi dipakai kita? Belum tentu.

Lagian kalau kita mau pakai hijab biar terlihat cantik, niat ini juga harus dibenerin.

Ingat tujuan kita adalah menaati perintah Allah, bukan malah menarik perhatian dan pujian orang.

Cantik boleh tapi itu bukan tujuan utama ya guys.. (self reminder)



Semoga bermanfaat J

Post a Comment