Bismillah...
Teman-teman semua, kita semua sadar saat ini kita sedang diuji dengan pandemi covid-19. Hampir semua orang merasakan dampaknya. Tidak sedikit pula yang sudah jatuh sebagai korban pandemi ini. Mereka kehilangan pekerjaan, berkurang ekonomi, kehilangan keluarga, bahkan kehilangan nyawa. Namun ini semua harus kita jalani dengan sabar. Sebagai guru, apakah kita juga terdampak? Tentu saja. Ada yang gajinya dikurangi, ada juga yang tidak. Namun, banyak juga yang menyangka bahwa guru pada saat pandemi ini makan gaji buta. Sesungguhnya saya tidak tahu berdasarkan apa mereka mengatakan seperti itu. Tapi jika boleh jujur, kami sebagai guru justru bekerja lebih panjang durasinya, karena harus melayani siswa sejak pagi hingga malam bahkan tak kenal jam.

Dalam tulisan ini, saya hanya ingin berbagi sedikit tips ketika mengajar di saat pandemi. Tentu saja mungkin tidak semua tips yang saya tulis di sini adalah sesuai dengan kondisi teman-teman sekalian.

Tips yang pertama: Banyak mendalami IT.
Dengan adanya pandemi, tidak dipungkiri bahwa pembelajaran dilaksanakan secara daring (dalam jaringan). Maka IT kita harus mengimbanginya. Baik itu bagaimana memaksimalkan tatap muka melalui zoom, maupun mengasah kreatifitas dalam membuat konten PBM secara online, misalnya membuat video PBM (contohnya bisa diakses di alamat ini:
https://www.youtube.com/watch?v=QiQ_C8O2mjE&t=79s


Tips yang kedua: tetap hadirkan hati untuk 'mendidik' siswa meskipun jarak jauh.
Terkadang dengan pembelajaran virtual, siswa kita kehilangan atau berkurangr rasa sopan santunnya. Tidak jarang juga gurunya juga abai dalam masalah ini. Misalnya mengumpulkan tugas melalui wa, siswa hanya mengirimkan foto hasil tugasnya, tanpa mengucapkan salam maupun menyebutkan nama. Dan guru pun tidak menanggapi. Ini tidak boleh. Harusnya ketika siswa tidak mengucapkan salam, cobalah menegur "biasakan salam ya nak. Namamu siapa, kelas berapa?" dan seterusnya.
Demikian juga ketika siswa berhalangan mengikuti PBM secara virtual, berilah perhatian misalnya "sakit apa nak? apakah sudah ke dokter? istirahat dulu aja nggak apa-apa". Ya memang itu agak membosankan. Tidak bertemu anaknya tapi berusaha memberikan perhatian. Tapi coba bayangkan jika siswa sudah sama sekali tidak bertemu dengan gurunya, plus tidak mendapatkan sisi pendidikan lebih, hanya transfer informasi, mereka akan berfikir "aku juga bisa nyari informasi di internet". Apalagi saat ini informasi sangat mudah diakses.

Tips yang ketiga: Hadirkan diri kita, misalnya dalam bentuk video.
Jika sudah pembelajaran jarak jauh (PJJ) akan sangat sulit menarik perhatian siswa. Lha wong ketemu langsung aja sulit membuat mereka tertarik dengan penjelasan kita, apalagi jarak jauh kayak gini. Maka, sebisa mungkin dalam video yang kita buat, tampakkanlah wajah yang ceria dan semangat. Meski video kita tidak full menampakkan diri kita. Minimal di pembukaan dan penutupan kita tampak bersemangat dan membawa energi positif untuk siswa kita.

Tips yang keempat: Buatlah jurnal PBM.
Baik itu untuk diri kita sendiri, maupun untuk atasan kita sebagai bentuk pertanggung jawaban kita saat mengajar. Kalau saya sendiri, jurnal itu untuk memudahkan kita melihat apa yang sudah kita lakukan dan apa yang akan kita rencanakan. Jadi, kalau saya bingung besok mau ngasih apa ke siswa? Saya langsung lihat jurnal, "oh kemarin saya sudah kasih mereka aktifitas ini dan itu, mereka selanjutnya harus saya beri aktifitas ini dan itu."


Gambar di atas hanya contoh saja ya...

Tips yang kelima: Manfaatkan momen PJJ ini untuk banyak menggali ide serta menabung persiapan PBM di masa yang akan datang.
Kalau dulu kita beralasan bahwa tidak ada waktu untuk sekedar 'longok-longok' nyari ide baru untuk PBM atau sekedar menyelesaikan perangkat, nah ini saatnya kita berkreatifitas, entah membuat konten PBM ataupun lainnya yang terkait persiapan PBM.
Nah mungkin itu dulu 5 tips yang bisa saya share dalam mengajar saat pandemi ya teman-teman. Semoga bermanfaat.

Jangan lupa kunjungi channel youtube saya ya... https://www.youtube.com/channel/UC-glRPCkmtHOkj8VpmeNzhA

Post a Comment