Ini adalah tulisan motivasi. Tentang diri yang perlu banyak diperbaiki. Tentang hati yang perlu banyak siraman ruhani. Tentang jiwa yang perlu banyak direnungi. Tapi aku tidak sedang ingin berpuisi. Ini adalah sebuah makna dari kata terima kasih.


Kita sering mengucapkan kata terima kasih. Tapi tahukah kita makna terima kasih yang lebih dalam. Bukan hanya memberikan apresiasi pada orang yang telah memberi kita sesuatu baik materi maupun non materi. Tapi terima kasih... duh, maknanya tuh sebenernya dalem euy...


Dalam bahasa Arab terima kasih diungkapkan dengan kata "asykurukum" (aku berterima kasih kepadamu), "syukron" (makasih). Nah, sebelum kita tinjau dari bahasa Arab, kita tinjau dulu dari bahasa Indonesia.

Terima kasih
Terima kasih berasal dari kata terima dan kasih. Terima, artinya apa yang kita terima. Kasih, pemberian, apa yang kita berikan. Maknanya, terima kasih adalah sebuah hukum sebab akibat bahwa di dunia ini ketika kita menerima sesuatu atau apa yang kita alami di dunia ini adalah hasil dari apa yang kita kasihkan (kita berikan) kepada orang lain di masa lalu. Guys, masa lalu bisa jadi adalah saat jarum berdetak satu detik, dua detik atau 3600 detik yang lalu atau jutaan detik yang lalu. Artinya masa lalu itu bisa yang baru saja terjadi bisa juga yang sudah lama sekali berlalu.

Pernah dengar kisah tentang dr. Howard Kelly? Kalo belum pernah dengar atau pernah dengar tapi lupa coba search internet, atau...aku kisahkan deh, singkatnya. Tapi aku nggak bisa cerita seheboh Mr. Asnando haha. Mr. Asnando? siapa lagi? beliau motivator hebat guys, cari aja deh di internet (haduh pembacanya suruh googling mulu). Jadi Mr. Asnando itu yang tadi siang ngisi motivasi di SD Muhammadiyah GKB 1. hihi.

Ok, jadi gini ceritanya...
Suatu hari howard kecil saking nggak punya uang buat biaya sekolah dia jualan kue. Howard mendatangi pintu demi pintu untuk menjajakan kuenya. Howard mendatangi sebuah rumah..
Tok.. tok.. tok.. "mau jual kue saya?", eh yang buka pintu cewek terus dia jawab "maaf, ibu saya nggak ada di rumah. nggak ada uang nih."
" Ok, kalo gitu aku minta minum. Boleh?"
"Ok"
Cewek ini berfikir kalo si howard pasti nggak hanya haus, tapi juga lapar. So, si cewek ini ngambil bukan air putih, tapi susu niatnya biar si howard nggak hanya hilang hausnya tapi juga kenyang. Aseek..
Glek.. glek.. glek.. si howard pun kenyang dan pamit pulang. (Mungkin juga ada adegan kenalan kali ya...)
Tiga puluh tahun kemudian si howard udah jadi dokter di sebuah rumah sakit besar di Beijing. Pasiennya ternyata ibu-ibu yang dulunya adalah gadis kecil yang pernah memberinya susu. Si ibu ini menderita penyakit (kalo nggak salah kanker dan harus dioperasi), setelah si ibu ini selesai operasi dan menerima tagihan rumah sakit, ternyata yang tertera dalam tagihan tersebut seperti ini

"Biayanya sudah terbayar dengan segelas susu"


Si ibu pun baru sadar ternyata dokter yang menangani sakitnya itu adalah Howard, anak kecil yang dulu pernah dia beri minum susu. SUbhanallah.... hal jazaa'ul ihsan illal ihsaan (tidak ada balasan kebaikan kecuali kebaikan pula).

Baiklah, sekarang saatnya saya ungkapkan makna terima kasih yang berasal dari kata syakaro, yasykuru yang artinya mendayagunakan. Jadi berterima kasih adalah mendayagunakan apa yang telah diberi oleh sang pemberi. Ketika seseorang diberi sepotong roti, maka cara berterima kasih adalah dengan memanfaatkan sepotong roti tersebut, terutama untuk dia makan. Jika malah roti tersebut dibuang setelah dia mengucapkan terima kasih, maka ucapannya itu tidak akan bermakna apa-apa.

Begitu juga dengan rasa terima kasih kita kepada Allah. Allah telah memberi kita banyak kenikmatan berupa kesehatan dan waktu serta kasih sayang dari orang-orang di sekitar kita. Cara berterima kasih kepada Allah atas nikmat tersebut tidaklah cukup dengan hanya mengucap hamdalah, tapi bagaimana caranya kita memaksimalkan potensi yang Allah berikan kepada kita dengan sebaik-baiknya. Kita gunakan waktu untuk belajar, bekerja dengan baik dan menjaga hubungan baik dengan saudara yang ada hubungan darah maupun saudara yang tidak ada hubungan sedarah.

Pembaca, semoga kita bisa berterima kasih (bersyukur) kepada semua orang yang telah berbuat baik kepada kita. Dan yang paling utama adalah berterima kasih kepada Tuhan atas nikmat dan karunia-Nya yang tak terhingga.

Demikian, Wallahu a'lam bishshowab.


2 Komentar

  1. Assalamualaikum. Postingan nya bagus dan menyentuh hati saya. Mohon izin untuk saya kutip di makalah saya ya. terima kasih

    BalasHapus

Posting Komentar