MANFAAT DAN AKIBAT GENG


 

Geng? Nggak salah nih bahas geng? Kayak pernah ngegeng aja. Haha. Emang belum pernah sih aku ngegeng. Tau sendiri, aku bisa disebut kuper kuadrat. Sekolah-rumah-kerja. Itu doang tempat singgahku selama aku sekolah. Dari tiga tempat itu sudah membuat aku menjadi orang sibuk. Mana mungkin aku sempat main-main ke rumah teman, apalagi menghabiskan waktu dengan teman-teman geng. Yapz, kecuali untuk urusan tugas sekolah, barulah aku bisa membelokkan langkahku untuk tidak langsung ke depan rumahku.
Senin, 17 November 2014

Puasa Wajib dan Puasa Sunnah


Puasa merupakan rukun Islam yang keempat. Puasa berasal dari kata “saumu” yang berarti menahan diri dari segala sesuatu, seperti menahan makan, minum, nafsu, dan menahan bicara yang tidak bermanfaat. Sedangkan arti puasa menurut istilah ialah menahan diri dari segala sesuatu yang membatalkannya, mulai dari terbit fajar sampai terbenamnya matahari dengan niat dan beberapa syarat tertentu. Seperti dalam firman Allah Q.S. Al-Baqarah ayat 187 dan 183.

1.       Puasa wajib

Puasa wajib adalah puasa yang harus dilaksanakan oleh setiap umat Islam yang sudah baligh
Minggu, 16 November 2014

DAMPAK MENYINDIR

Materi keputrian SMP M 12 GKB kelas 8

Pendamping materi : Bu Jamilah

Ruangan : Open Hall

 


Menyindir dalam kamus besar bahasa Indonesia ialah mengkritik (mencela, mengejek, dsb) seseorang secara tidak langsung atau tidak terus terang. Menyindir dalam hal ini dapat berujung pada menggunjing, saling menghina dan mencela. Sudah jelas menyindir yang negatif ini merupakan bentuk perbuatan yang tidak terpuji bahkan tercela.

Dari materi dampak menyindir ini, maka diajukan beberapa pertanyaan :

-       Pernahkah anda menyindir?

PROSEDUR MEMBUAT PASPOR / TIPS MEMBUAT PASPOR


Kali ini aku ingin berbagi informasi mengenai prosedur bikin paspor. Antara bikin paspor dan perjalanan menuju kantor imigrasi, ternyata lebih seru perjalanannya. Tapi karena saya nggak mau menyimpang dari judul di atas, so akan saya paparkan prosedur bikin paspor aja. Terutama bagi Anda yang berada di wilayah Jawa Timur, khususnya Gresik, Surabaya, Sidoarjo dan sekitarnya.

Selasa lalu (16 September 2014) saya membuat paspor untuk tujuan ke Mekkah dengan tujuan studi (bukan umroh atau haji). Saya mengurus paspor di kantor imigrasi kelas 1 khusus Surabaya, yakni di Jalan Jendral S. Parman 58/A Waru Sidoarjo. Yang perlu dipersiapkan sebelum ke kantor imigrasi biar kita nggak usah lama-lama berada di kantor imigrasi untuk ngantri foto copy, maka siapkan beberapa dokumen berikut:
1. KTP asli dan foto copyan di kertas A4 (sebaiknya membawa dua atau tiga eksemplar)
2. Kartu Keluarga asli dan foto copy A4
3. Ijazah asli dan fotocopy A4
4. Akte kelahiran (bila diperlukan) asli dan fotocopy A4
Minggu, 05 Oktober 2014
Tag :

SETANGKUP CHEESE CAKE


Sehari setelah usiaku genap 23 tahun, aku diminta ke sebuah ruangan kecil yang sebelumnnya hanya ku tengok dari luar. Ruangan dengan ukuran tak lebih dari 3 x 4 meter itu adalah tempat di mana teman-teman IPM Spemdalas berkumpul menuangkan ide-ide cemerlang mereka, atau sekedar curhat dengan teman yang lain. Entahlah, yang pasti mereka sangat suka dengan ruangan kecil itu.
Rabu, 24 September 2014

KADO ISTIMEWA


Kemarin (Senin, 22 September 2014) usiaku genap 23 tahun. Ada beberapa kejutan sebagai hadiahku. Hadiah paling banyak adalah doa. Kenapa doa? Mudah dan berpahala mungkin ya. hehe. Kalau benda? Sementara ini belum ada. Sedih? Nggak juga. Karena saya merasa Allah telah mempersiapkan beberapa kado yang membuat saya terharu.

Di kelas...
Kelas 8A berhasil membuat saya menitikkan air mata. Ya, paling tidak saya mendapatkan kesan haru dalam kelas itu. Beberapa anak juga menjadi lebih dekat. Emang kelas 8A ngapain?
Senin, 22 September 2014
Tag :

KEUTAMAAN BULAN DZULQA’DAH



Ramadhan telah berlalu meninggalkan kita, begitu juga Syawwal. Semoga kita termasuk hamba-hamba Allah yang telah memanfaatkan kehadiran bulan-bulan tersebut dengan maksimal. Sehingga yang ada saat ini adalah rasa bahagia atas meningkatnya kualitas diri dan semangat baru untuk menata diri di bulan-bulan berikutnya. Karena hanya orang-orang yang beriman lah yang mampu memanfaatkan waktunya dengan penuh manfaat dan jauh dari kesia-siaan.
Senin, 08 September 2014
Tag : ,

- Copyright © Man Jadda Wajada - Designed by Ain Nurwindasari -