MUNGKIN KAMU BUTUH FURQON (TELAAH MAKNA Q.S. AL-ANFAAL : 29)



يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا إِنْ تَتَّقُوا اللَّهَ يَجْعَلْ لَكُمْ فُرْقَانًا وَيُكَفِّرْ عَنْكُمْ سَيِّئَاتِكُمْ وَيَغْفِرْ لَكُمْ وَاللَّهُ ذُو الْفَضْلِ الْعَظِيمِ

Hai orang-orang yang beriman, jika kamu bertakwa kepada Allah, niscaya Dia akan memberikan kepadamu furqaan dan menghapuskan segala kesalahan-kesalahanmu dan mengampuni (dosa-dosa) mu. Dan Allah mempunyai karunia yang besar. (Q.S. Al-Anfaal : 29)
Sabtu, 28 Februari 2015
Tag : ,

TAFSIR HADIS, AKU KEMBALI



Sudah lama tidak mempelajari dunia tafsir dan hadits. Tepatnya setelah free kuliah dari Pendidikan Ulama Tarjih Muhammadiyah (PUTM) dan Universitas Ahmad Dahlan. Banyaknya pekerjaan lain yang menyita waktu serta tidak konsistennya diriku pada dunia belajar, maka aku pun secara perlahan menjauh dari dunia tafsir hadis. Aku akui diriku sangat payah dalam menjaga semangat. (mungkin juga karena banyak memikirkan hal-hal duniawi saja dan lupa akhiratnya). Padahal dulu aku semangat banget waktu pertama kali masuk PUTM dan memilih UAD sebagai tangga masa depan setelah PUTM.
Minggu, 22 Februari 2015
Tag :

ADAB SHOLAT JUM'AT



Tiga macam orang yang melaksanakan sholat Jum'at:


          يَحْضُرُ الْجُمُعَةَ ثَلَاثَةٌ فَرَجُلٌ حَضَرَهَا يَلْغُو فَذَاكَ حَظُّهُ مِنْهَا وَرَجُلٌ حَضَرَهَا بِدُعَاءٍ فَهُوَ رَجُلٌ دَعَا اللَّهَ عَزَّ وَجَلَّ فَإِنْ شَاءَ أَعْطَاهُ وَإِنْ شَاءَ مَنَعَهُ وَرَجُلٌ حَضَرَهَا بِإِنْصَاتٍ وَسُكُوتٍ وَلَمْ يَتَخَطَّ رَقَبَةَ مُسْلِمٍ وَلَمْ يُؤْذِ أَحَدًا فَهِيَ كَفَّارَةٌ إِلَى الْجُمُعَةِ الَّتِي تَلِيهَا وَزِيَادَةُ ثَلَاثَةِ أَيَّامٍ فَإِنَّ اللَّهَ يَقُولُ { مَنْ جَاءَ بِالْحَسَنَةِ فَلَهُ عَشْرُ أَمْثَالِهَا }(رواه أحمد, وأبو داود, وابن خزيمة و البيهقي(

 
 
“Tiga macam orang yang hadir pada sholat Jumat:

Ketika kamu merasa ‘klik’


Tulisan ini saya tujukan pada diri saya, teman-teman saya dan orang-orang di sekitar saya. Terutama yang belum menikah, yang sudah lama menantikan jodohnya. Semoga ada hikmah yang bisa diambil dari coretan singkat berikut.

Orang-orang seusiaku sibuk membicaraka jodoh. Termasuk aku. Tapi aku lebih sering menyimak daripada membahas. Aku sendiri masih belum mengerti tentang konsep jodoh. Masih perlu banyak belajar tentang jodoh, pernikahan.
Senin, 16 Februari 2015

Motivation Letter (for MGPS 3rd)


Saat ngobrol dengan teman tentang pengalaman Mahathir Global Peace School) MGPS, ada yang tanya, gimana bisa lolos? Dan gimana bikin motivation letternya? Pengen liat dong bentuk motivaiton letter yang udah ain buat kayak mana.. So, kali ini aku share motivation letterku. Ok, check it out.. :)
 
Peace is human’s right. No man was born with the eversion toward peace. Everyone wants a peace without any conflict. However, in the fact, national conflict or international conflict often happened in every country. One of the causal conflict is border region in a distirct or country. For example, Israel and Palestine can not finish their conflict until now although the effort has done to end these.
Minggu, 15 Februari 2015
Tag :

NIKMATNYA MENJADI GURU

Kalian tau nggak, setiap aku berangkat sekolah mungkin bisa dihitung jari kapan hari-hari yang aku berangkat dengan bergegas penuh semangat. So, bisa dibilang tiap hari aku itu nggak semangat berangkat sekolah. Eh, maksudku berangkat sekolah di sini adalah mengajar di sekolah. Jadi meski tiap hari aku terihat cepat-cepat itu bukan karena aku semangat mau ngajar, tapi karena terburu-buru takut telat dan absennya merah. Terburu-buru itu pun sebenarnya nggak boleh kan? Karena itu termasuk bagian dari perbuatan setan. Kalian tau, kenapa aku terburu-buru? Itu karena aku nggak siap di waktu paginya. Aku lelet mandi dan makannya, sehingga waktu mau berangkat seringnya terburu-buru.
Selasa, 10 Februari 2015
Tag :

Jalan-jalan ke surga


Siapa yang mau ikut jalan-jalan ke surga? Siapa yang tau jalan-jalan ke surga itu yang mana saja? Pertanyaan yang seperti kekanak-kanakan, tapi patut kita renungkan.

Di jaman yang serba cepat ini, di mana permasalahan manusia semakin kompleks, sering kali kita mendengar orang-orang mengatakan bahwa mencari jalan yang haram saja susah apa lagi yang halal. Oh, bukan gitu ya? Mungkin gini, di jaman sekarang ini, nyari rejeki haram saja susah, apa lagi yang halal.

- Copyright © Man Jadda Wajada -