NASIHAT IMAM AL-GHAZALI DALAM BUKU "AYYUHAL WALAD" BAGIAN 1


Wahai muridku, ilmu pengetahuan tanpa amal adalah kegilaan, dan amal tanpa ilmu adalah sebuah kehampaan.

Ketahuilah bahwa seseorang akan dihukum pada hari perhitungan ialah orang yang tidak mendapatkan manfaat dari ilmunya. Oleh karena itu, berlakulah sesuai dengan ilmu yang kamu capai.

Wahai muridku, hiduplah selama yang kamu inginkan, akan tetapi kamu pasti akan meninggal. Cintailah apa saja yang kamu inginkan, tapi ketahuilah kamu akan terpisah darinya. Berlakulah seperti apapun yang kamu inginkan dan kamu akan diberi balasan atas kebaikanmu.
Friday, December 18, 2015

IMAM AL-GHAZALI ON O DISCIPLE (PART 1)


O disciple, knowledge without action is madness, and action without knowledge is void.

Know that the person most severely punished on judgement day is one who did not benefit by his knowledge. So, act according to the knowledge you acquire.

O disciple, live as long as you want, but you must die. Love whatever you want, but know you will become sparated from it. Act however you want and you will be rewarded for your good deeds.

Know that the knowledge of certain things cannot be taught through study and discussion.  This type of knowledge can only be acquired through direct experience. Just test the knowledge of sweetness and bitterness cannot be known except by tested.

O disciple, know that if you seek the truth, you must set yourself  for the spiritual journey and on it you will need four things.

The first, is an authentic relligious creed with the clear system of belief and principals.

The second, is sincere repentance. after with you must avoid repeating previous sins.

The tirth is reconciliation with enemies. So none has a claim against you.

And finally, the fourth is obtaining enough knowledge of devine law to excute God commands.

On this journey, work for your earthy life in proportion to you stay you need and work for your afterlife in proportion to your eternity you need.

O disciple, know that as a spiritual traveller you must have a master as a guide to refine your character, ensure you the way to God. Yet not every knowledgeable person is fit for this responsibility. Seek a guider with the following characteristics.

Someone averse to love of the world and love of fame. Whose discipleship is part of a chain leading back to the master of messangers, and who is proficient in disciplining his soul.



You can see the video in youtube: https://www.youtube.com/watch?v=gF4A7DdMpx4



Written/typed by Ain Nurwindasari


If you find mistakes in my writing above, please give comments.
Tuesday, December 15, 2015

Ajari Aku Menulis


 

Sore itu hujan membasahi bumi Gombak, termasuk di kampus kami tercinta, IIUM. Aku dan Sithka berjalan menuju halte depan rektori. Kami menunggu bus selama beberapa menit. Dan sampailah kami dalam pembicaraan menulis. Sithka pun mengatakan kepadaku, “Ajarin aku nulis dong bu.”

Ya, dia memang selalu memanggilku “Bu”. Katanya nggak sopan kalau hanya manggil nama. Karena aku memang dua tahun lebih tua darinya. Tapi bukan karena itu yang terpenting. Karena aku sudah pernah menjadi Bu Guru. hehe. Well, aku lanjutkan ceritanya. Aku nggak menyangka bahwa dia bisa mengatakan itu. Sithka pengen bisa nulis?
Saturday, October 3, 2015

KRISTENISASI DI ALAM MELAYU

 
sabtu, 12 September 2015
 ADM LT. 4 IIUM.
Disampaikan oleh Haji Karim Omar (dari lembaga Muawakat Malaysia)
Kristenisasi selalu terkait dengan ayat berikut:
Orang-orang Yahudi dan Nasrani tidak akan senang kepada kamu hingga kamu mengikuti agama mereka. Katakanlah: "Sesungguhnya petunjuk Allah itulah petunjuk (yang benar)". Dan sesungguhnya jika kamu mengikuti kemauan mereka setelah pengetahuan datang kepadamu, maka Allah tidak lagi menjadi pelindung dan penolong bagimu. (QS. Al-Baqarah ayat 120)
Sunday, September 13, 2015

BAPER, CAPER, LAPER



Aku ini orangnya ndeso bin ora gaul banget. Makanya kalo ada istilah-istilah baru yang itu muncul dari anak-anak gahol bikin aku keki. Pasti aku diem, dengerin dulu sambil membatin “duh, ini orang ngomong apa sih. Mana gue gengsi mau tanya.” Kecuali sama orang yang aku percaya dia nggak bakal malu-maluin aku. Suatu hari ada istilah yang namanya BAPER. Apaan sih baper? Aku tanya ke teman dekatku, “Mbak, baper itu apa sih?”, syukurlah dia langsung jawab, “oh baper itu bawa perasaan.” Ooooh... #dengan muka tanpa motif
Jadi, baper itu bawa perasaan. Nah, setelah aku cari di google, ketemulah dengan sebuah meme gini:
Wednesday, September 9, 2015
Tag : ,

REACH YOUR DREAM


Aku pernah melihat sebuah video tentang bagaimana meraih mimpi. Ketika melihat video itu aku mulai menuliskan mimpiku satu persatu. Dan apa yang aku jalani saat ini adalah seperti mimpi. Ya, seperti mimpi aku bisa melanjutkan kuliah di sini. Tempat yang dulu aku sebut sebagai The dream university. Ya, International Islamic University Malaysia (IIUM). Dan inilah salah satu mimpiku: melanjutkan kuliah di luar negri.
Sebelum kalian mengatakan “Malaysia kan dekat. Itu mah gampang.” Dengarkan dulu ceritaku. Ini ceritaku.

FILOSOFI BEKERJA

Bekerja bukan hanya masalah materi
Bekerja itu bersyukur, mendayagunakan potensi kebaikan yang diilhamkan oleh Allah
Bekerja itu menebar energi positif
Bekerja itu membantu orang lain, meringankan beban sesama muslim
Bekerja juga berdakwah
Bekerja itu mengembangkan diri
Bekerja itu membuat diri lebih baik
Bekerja juga memicu berfikir positif
Bekerja itu menikmati tantangan yang ada
Bekerja itu belajar memahami orang lain
Bekerja itu menikmati berlalunya waktu
Bekerja itu memampukan diri bersedekah
Bekerja itu mengangkat derajat dari peminta menjadi pemberi
Bekerja itu menjaga kehormatan diri
Bekerja itu melawan kemalasan
Bekerja itu mengusir sakit
Bekerja juga menghibur diri, mengusir kesedihan
Bekerja itu menggugurkan dosa-dosa khusus yang hanya bisa gugur seiring gugurnya keringat karena kerja keras
Bekerja itu menjadikan kita mukmin yang kuat, bukan mukmin yang lemah
Bekerja itu.... tinggal bagaimana kamu memilih pekerjaan kemudian memaknainya dengan positif
Kenapa masih diam? Kenapa belum bekerja?

Gresik, 06 Agustus 2015
Di perpustakaan sekolah, ditemani lagu-lagu lawas dari mp3 pak bagus

Ain Nurws

Wednesday, August 5, 2015
Tag :

adsense

Blog Archive

Powered by Blogger.

Adsense

Jumlah Pengunjung

Google+ Badge

AdSense

- Copyright © Man Jadda Wajada -