Sabtu, 25 September 2021



(4) Hafalan surat At-Tahrim #shorts #tahfidz #autism - YouTube

Ini adalah pertemuan kedua dengan anak spesial, Fikri. Anak autis yang hafal Al-Qur'an yang saya ceritakan di postingan sebelumnya. Hari ini, Fikri memakai seragam, dan seperti biasa, Fikri diantar oleh ayahnya.

Jika di cerita sebelumnya kegiatan Tahfidz Excellent diadakan di dalam kelas, kali ini di dalam masjid yang ada di lingkungan sekolah.

Ketika saya datang, Fikri sudah berada di masjid. Saya kemudian menghampiri Fikri dan ayahnya, lalu saya arahkan agar Fikri bergabung di tempat yang merupakan kelompok saya. Mereka mengiyakan. Sebelum kemudian Fikri benar-benar ke tempat tersebut, ayah Fikri menyampaikan kepada saya, "Ustadzah, insyaAllah hari ini Fikri sudah lebih baik. InsyaAllah lebih kondusif."

"Alhamdulillah," jawabku. Aku senang mendengar ini.

Aku pun menuju tempat tahfidz kami. Fikri sudah bergabung bersama teman-temannya. Aku kemudian mengucapkan salam, menyapa anak-anak dan memimpin murojaah secara klasikal. Kali ini surat Al-Qiyamah. Setelah murojaah secara klasikal selesai, aku pun menginstruksikan mereka untuk murojaah secara mandiri. Dan aku lihat, Fikri sudah siap dengan Al-Qur'annya. 

Beberapa saat kemudian, aku menghampiri Fikri, yang aku lihat dia hanya memegang Al-Qur'an tanpa terlihat mengucapkan sesuatu. "Fikri, nanti mau setoran surat apa?" tanyaku, dia pun menjawab, "At-Tahrim". Aku cukup terkejut karena belum pernah ada siswa yang menghafal surat At-Tahrim (sependek pengetahuanku).

Dan benar, ketika aku sudah mempersilakan salah satu siswa untuk setoran, Fikri tiba-tiba menghampiri dan mau setor. Dengan sangat terpaksa aku pun menyuruh siswa tersebut untuk kembali ke tempatnya demi mempersilakan Fikri setor hafalan. Setelah selesai hafalan Fikri masih di depanku. Dia menyampaikan, "Ustadzah hari ini aku sudah lebih baik. Aku sudah tidak merebut HP lagi." Aku tersenyum, "Alhamdulillah, bagus".

"Ya sudah Fikri kembali ke tempat duduknya ya"

Tampaknya Fikri masih ingin ngobrol, "Ustadzah telpon itu apa?", belum sempat aku jawab dia sudah melanjutkan, "Telpon itu komunikasi ya?"

"Iya, betul"

dan beberapa pertanyaan lain yang kemudian ia jawab sendiri.

Video sekilas hafalan FIkri bisa dilihat disini. (4) Hafalan surat At-Tahrim #shorts #tahfidz #autism - YouTube

Post a Comment