Assalamu'alaikum pembaca, kali ini saya mau berbagi tips tentang kesehatan, meskipun saya bukan ahli kesehatan. hehe



Baiklah, ini adalah tentang sakit pinggang yang hilang dengan terapi air.

Beberapa bulan yang lalu saya mengalami sakit pinggang sebelah kiri. Pinggang saya sakit terutama jika dipakai rukuk, berdiri dari duduk, bahkan berjalan pun sakit. Saya kemudian teringat beberapa tahun lalu pernah mengalami sakit infeksi ginjal karena rasa sakitnya agak mirip. Hanya saja dulu pas kena infeksi ginjal sakitnya di perut bagian kanan.

Ketika dulu saya infeksi ginjal adalah karena kurang minum, sehingga ginjal saya harus bekerja ekstra karena tubuh saya kekurangan air. Rasa sakitnya pun hilang dan pergi. Biasanya akan terasa sangat sakit ketika saya kurang minum air dan kelelahan. Puncaknya adalah ketika suatu hari saya merasakan nyeri di bagian perut kanan saya. Biasanya sakitnya akan menghilang dengan banyak minum air. Ternyata sampai malam sakitnya makin menjadi meski saya sudah minum air putih dalam jumlah besar. Sampai tengah malam saya tidak bisa tidur karena rasa sakit yang tak kunjung reda dan justru semakin menjadi. Akhirnya setelah shubuh saya dibawa ke sebuah tempat praktek dokter dekat rumah. Dokter kemudian mendiagnosa infeksi ginjal. Saya pun diminta untuk melakukan pemeriksaan USG. Dan memang benar, saya terserang infeksi ginjal. Juga ada sebuah kista di rahim, namun yang menyebabkan sakit yang hebat itu adalah infeksi ginjalnya. Setelah itu saya diminta untuk rajin minum air putih untuk mengatasi infeksi ginjalnya. Sejak saat itu saya jadi lebih rajin minum air putih.

Kemudian sekitar satu bulan yang lalu saya mengikuti sebuah materi yang disampaikan oleh dokter anestesi tentang gaya hidup sehat. salah satunya adalah tentang pentingnya minum air. ada rumus untuk menghitung seberapa banyak air yang kita butuhkan dalam sehari dan kita tidak boleh kurang dalam memberikan hak tubuh kita berupa air. Seteleh menggunakan rumus tersebut (saya lupa rumusnya) maka saya memperkirakan jumlah air yang saya konsumsi idealnya adalah 2,5 liter per hari. Jika tubuh kekurangan air maka bisa dehidrasi.

Berarti ini sudah sesuai dengan apa yang saya pahami selama ini tapi tidak saya praktekkan. Karena saya merasa sudah tidak pernah kambuh infeksi ginjal saya. hmmmmm

Setelah menyadari pentingnya minum air saya kemudian membeli botol besar berkapasitas 1,5 liter. Botol ini rencananya saya letakkan di meja kerja saya dan harus saya habiskan ketika jam kerja (jam 06.30 sampai 16.00). Selama ini saya hanya menyediakan gelas plastik berukuran 350 ml di meja kerja. Saya mengisi gelas tersebut 2-3 kali dalam sehari. Saya pikir itu mungkin yang menyebabkan saya dehidrasi karena kurangnya asupan air dalam waktu yang lama.

Setelah saya melakukan terapi air (yaitu meminum air sesuai kebutuhan tubuh saya, minimal 2,5 liter per hari) ternyata rasa sakit di pinggang sebelah kiri pun hilang. Saya baru menyadari setelah rasa sakit itu sudah tidak terasa berhari-hari dan saya sudah terbiasa mengkonsumsi air dalam jumlah besar dalam sehari. 

Mungkin itu sedikit yang bisa saya bagikan tentang pengalaman menghilangkan rasa nyeri di pinggang dengan banyak mengkonsumsi air sesuai kebutuhan.

Jadi, jangan malas ya untuk minum air putih. Tubuh kita punya hak untuk kita penuhi. Jangan karena kita hanya suka yang manis-manis lalu kita malas minum air putih. Jangan juga hanya karena malas minum air karena terlalu sibuk dengan aktifitas, tubuh kita yang menjadi korbannya.

Sekian. Semoga sehat selalu.

Wassalamu'alaikum. wr. wb.


Post a Comment