Sering kali kita mengeluh terhadap apa yang kita miliki saat ini, apa yang sudah kita raih saat ini sepertinya masih kurang. kurang dari harapan, kurang dibanding teman-teman, dan sebagainya. sementara di luar sana kita tahu banyak orang-orang besar denagn karya-karya besar mereka. kita iri dengan mereka. lalu apa yang kita lakukan? menyalahkan keadaan, menyalahkan Allah, menyesali masa lalu, ataukah intropeksi diri?
ya, bagus! intropeksi diri itu penting dan harus kita lakukan sesering mungkin. apa saja yang sudah kita lakukan selama ini dan apa saja yang sudah orang-orang lakukan sehingga mereka menjadi besar?
orang bijak mengatakan bahwa orang besar adalah orang yang berjiwa besar pula. hidupnya bukan untuk dirinya tetapi juga untuk kepentinagn banyak orang. artinya ia selalu berusaha untuk berusaha, berjuang demi kepentingan banyak orang, pantang menyusahkan orang lain atau menyakiti orang lain. orang bijak juga mengatakan bahwa orang penting ialah orang yang selalu mendahulukan kepentingan orang lain daripada kepentingan diri sendiri, menempatkan kepentingan orang lain di atas kepentingan diri sendiri. inilah orang besar dan berjiwa besar. ia tak hanya besar di mata dirinya sendiri namun di mata orang lain dia juga dianggap sebagai orang besar.
Dan tahukah kita bahwa kunci mereka yang sudah sukses itu adalah berjiwa besar. sebelum mereka menjadi orang besar maka persiapan pertama adalah bermental "orang besar". maka ia tak inginmenyia-nyiakan waktu yang dilaluinya untuk hal-hal yang remeh. mereka akan segera menyudahi pekerjaan yang mereka anggap tidak membawa manfaat, atau ada manfaat namun mudharatnya lebih besar.
orang besar akan melakukan pekerjaan besar, mempersiapakan mental untuk mengerjakan hal-hal yang akan membawa manfaat besar bagi dirinya maupun orang lain. ukurannya adalah pandangan Allah. bagaimana pandangan Allah mengenai pekerjaannya itulah yang menentukan besar-kecilnya pekerjaan yang ia lakukan. maka ia berprestasi, unggul karena pekerjaan mereka juga mereka lakukan dengan kesungguhan dan kerja keras yang mengungguli orang lain yang melakukan pekerjaan yang sama.
Maka mustahil jika kita ingn mendapat hasil lebih namun tidak ingin berbuat lebih....!!!

1 Komentar

  1. WAH, UDAH MULAI SEMANGAT NULIS LAGI NIH! TETEP SEMANGAT YA...!! MA'ANNAJAH!

    BalasHapus

Posting Komentar