Ketika Mamat Bertasbih
29 June 2009 No Comment

Oleh : Encung

Ini bukan cerita melankolinya kang Azzam sama teh Anna Althafunnisa. Ato bukan buku ketiga dari Dwilogi KCB yang apik ntuh. Apalagi ngirain nama si ”Mamat” adalah suami kedua dari teh Anna setelah Azzam meninggal dunia keselek pentol, bukan. KMB sama KCB jelas beda pabrikan.
Ini cuman kisah seorang anak muda bernama Mamat. Kalo kamu semua pernah baca sosok Azzam atau sempet liat filemnya di Bioskop, Nah!, itu dia. Kamu bisa ngebayangin sosok si Mamat dengan Azzam. Btw Azzam yang sudah disuntik obat penggemuk sapi, terus habis kelindes truk sampe hidungnya pesek, matanya bulat, dan mulutnya dower-dower gimana gitu. Diliat-liat nih anak lebih mirip campuran Samo Hung, Mr. Bean dan ular Anaconda (hihi..)
Yang paling berbeda sama Azzam, si Mamat ternyata mempunyai penyakit Gagap yang sangat akut. Yang saking akutnya sampe-sampe hampir menimbulkan korban jiwa. Ih kok bisa segitunya?. Ceritanya, waktu itu Mamat numpang mobil sama si Darto Tajir. Karena lagi demam Fesbuk, Darto niatin nyetirnya mau pake kaki. Beruntung acara nyetir pake kaki dibatalin, setelah Darto diingatkan Mamat pelajaran PPKN tentang sikap Tenggang Rasa dan Saling Hormat Menghormati sesama sesuai Pancasila Sila Kemanusiaan Yang Adil Dan Beradab.
Tapi biar nyetir pake mulut, eh tangan, Tetep saja Darto nyetir sambil pesbukan. Sementara di depan, entah dilemparkan siapa, tiba-tiba muncul seorang nenek umur 80 tahunan. Si nenek ini berjalan sambil geleng-geleng kepala dengerin lagu dari handsfree Ipod yang nyumbat kupingnya (ih keren banget nih nenek). Jaraknya deket banget, sementara kecepatan mobil 90 Km/Jam.
”A..A..AA” Mamat tergagap-gagap mengingatkan.
”Apaan sih Mat” Darto Tajir asyik fesbukan, nggak ngeliat ke depan.
”A..A..AA—”
Darto tetep Asyik.
”A..A..AAWAAAS!”
”KOK GAK NGOMONG SEH MAAAT, AAARRRGGH!!”
CRIIIIT…CRIT..GENJREEET CIPRAAAT!! (Ih, bunyinya gak keren gitu), Mobilpun tak bisa menghindari tabrakan. Seekor tikus dan dua orang anaknya yang belum mengerti apa-apa menjadi korban kekejaman Darto dan Mamat. Sementara si Nenek berhasil menghindar dengan gerakan akrobatik lewat papan SkateBoardnya (swangar..jeeh).
Kegagapan Mamat lama-lama banyak menimbulkan masalah. Suatu ketika Imam Sholat Jum’at di Masjid sekolah abis ngelaksanain Sholat Jumat uring-uringan. Pasalnya acara sholat tadi hampir berantakan. Tadi ada seorang makmum yang keliatan main-main ketika sholat. Waktu sang Imam mengakhiri bacaan Al-Fatihah, si makmum ngejawab dengan keras, ”A..A…AAA..AA..A.AAA”. Kontan semua jamaah sholat kehilangan khusyuk.
Diperparah lagi oleh makmum disebelahnya, tanpa dosa dia berusaha membantu, ”A..AAMIN, MAS”. Trus sebelahnya lagi bilang, ”HUS, kalo Sholat jangan ngomong” (Glodhaaak!). Untung saja si Imam aksi nggak reken dan ngelanjutin rukuk.
Tapi Alhamdulillah si Ustadz mau memahami kondisi sang Makmum yang ternyata kena penyakit yang dalam dunia dokter disebut Gagapintus Mulutus itu.
”lain kali. Nggak usah dikerasin aja dik, biar ndak ganggu yang laen”
”I..I…II…III” Mamat berusaha menjawab
”kan nggak lucu, kalo pas Adek bilang A..A..AAA.. trus makmum disebelah adek nyahut, AAPAAN TUH!” kata pak Ustadz berusaha mencairkan suasana.
”B..BB..BB..BBB”
***
Sabtu di minggu pertama bulan Juli ini ternyata hari libur. Kesempatan tersebut nggak disia-siakan sama JJS dan anak-anak Masjid lainnya. Mereka berniat ngadain Rihlah alias kemping. Setelah dibuka pendaftaran, ternyata yang minat ada 15 orang. Termasuk di dalamnya si Mamat.
Ketua panitia dipimpin langsung oleh Sohib. Seksi Acara diserahkan kepada Junet. Seksi kesehatan di pegang sama Jodi. Seksi transportasi dipercayakan sama Heru. Sementara Mamat, megang Seksi perlengkapan.
Hari jumat Sore, semua peserta ngumpul di depan sekolah. Sebelum berangkat, Sohib mengecek ulang persiapan.
”APA KABAR HARI INI KAWAN-KAWAN!” Teriak Sohib menyemangati.
”ALHAMDULILLAH, LUAR BIASA, ALLOHU AKBAR!!” Sahut semua peserta.
”A..A..AA” Mamat berusaha ikutan nyahut.
”nggak usah diterusin nggak papa, Mat” Sohib berusaha menenangkan ngeliat wajah Mamat nggak karuan kayak orang susah boker.
”oke kawan-kawan, sebelum berangkat saya akan cek kesiapan masing-masing panitia, Seksi Acara, Siap?”
”Siap, Bos, udah kita siapin acara-acara yang menantang maut disana”
”Seksi kesehatan?”
”Lengkap tak ada sisa, perban, obat merah, obat panu, sudah semua”
”Seksi transportasi?”
”Siap, bahkan kelebihan mobil bos”
”Oke..e..ee..oh ya..Mamat, bagaimana dengan perlengkapan dan Tenda?”
”S..s..ss” Sahut mamat terbata-bata.
”Ya udah, kalo siap gitu kita langsung berangkat, Cabut Cuuuy..ALLOHUALBAR!” teriak Sohib penuh semangat. ”ALLOHUAKBAR” disambut teriakan semua peserta. Sementara Mamat cuman diam.
Berangkatlah semua rombongan ke lokasi kemping di kaki gunung Arjuno. Perjalanan kesana membutuhkan waktu kurang lebih empat jam.
Sesampainya dilokasi..
”Ayo bongkar muatan, siapkan api unggun dan dirikan tenda!” perintah Sohib.
Ketika semua seksi sibuk dengan pekerjaannya masing-masing, Sohib mendapati si Mamat tenang-tenang saja. Dia cuman duduk tengak-tenguk liat teman-temannya lagi bekerja.
”Heh Mat, mana tendanya, dipasang dong!” Perintah Sohib kesal.
”Sss..ss..”
”Apaan, sih?”
”ss..ss..ssaya ketinggalan, b..bbos” Jawab Mamat.
“Apaa!!, waah, gimana sih kamu Mat, trus kalo nggak ada tenda kita tidur dimana?, ya udah Ayo semua kita kembali ke Surabaya..” perintah Sohib dengan muka manyun.
“tt..tt..ttt”
“Udah ah, keburu malam nih, ayo cabut”, Mamat belum ngomong udah dipotong sama Sohib.
Sesampainya di Surabaya…
“Gih ambil tendanya, buruan masukin mobil trus kita langsung cabut balik ke gunung” suruh Sohib.
“tt..ttapi..gg..gg”
“Apa lagi?”
”tt…ttapi…gg..ggue cuman becanda, kok” jawab Mamat dengan wajah tanpa dosa.
”APAAAA!!!!” sahut semua peserta bersamaan.
Semua peserta kompak menyiksa Mamat dengan ngelemparin dia ke kali depan sekolah sekaligus mijetin semua peserta.
***
Sebenarnya Mamat merasa sangat tidak nyaman dengan kekurangan yang dmilikinya. Selain menghambat komunikasinya, dia juga sering menjadi bahan ejekan dari teman-temannya. Pernah dia stres dan ngambek nggak mau sekolah lagi lantaran teman-teman di kelasnya selalu mengejek dia.
Tapi Alhamdulillah, setelah Sohib dan teman-teman Masjid datang ke rumahnya, Mamat berhasil dibujuk untuk mau sekolah lagi. Akhirnya sekarang Mamat jadi lengket dengan anak-anak Masjid. Mamat merasa aman dengan kebaikan akhlak anak-anak masjid. Mereka tidak pernah menghina dan meremehkan kekurangan Mamat. Mereka tidak pernah usil, justru Mamat yang sering ngusilin mereka, kayak peristiwa kemping kemarin ntuh.
Beberapa hari ini Mamat terlihat murung. Dia mulai mikir, bahwa dengan keadaannya yang seperti itu masa depannya kemungkinan besar suram. Pernah, Sohib memergoki Mamat nangis sendirian di Musholla. Tanpa perlu tanya ke orangnya, Sohib udah sangat ngerti kalo Mamat lagi sedih karena itu.
***
Liburan sekolah, anak-anak Masjid ngadakan kemping lagi. Kali ini ke Bromo. Mamat tetap ikut, tapi kali ini ia nggak dijadikan seksi apa-apa. Pokoknya ikut aja.
Abis menikmati sensasi Tahajjud di puncak gunung, Pada pagi harinya, semua peserta duduk manis menunggu sebuah peristiwa alam yang Maha Indah, Matahari terbit. Udara dingin gunung Bromo menyapa dengan lembut, siluet-siluet merah yang menembus awan menjadi mukaddimah yang membuat hati makin tak sabar menunggu sang Mentari muncul. Cahaya bercampur awan, jingga kemerahan.
Sohib sang ketua, nggak nyia-nyiain kesempatan ini, di depan semua peserta Sohib menyampaikan hikmahnya,
”kawan-kawan sekalian, sebagai muslim sangat rugi bila kita menyaksikan fenomena Indah ini tanpa membuat hati ingat dan bergetar memikirkan kebesaran Penciptanya, keindahan berselimut keajaiban ini diciptakan agar kita mau bertasbih memuji-Nya, mengagungkan-Nya, dan bersyukur kepada-Nya, bahkan semua benda-benda di Alam semesta ini, matahari, batu, burung, tanaman, sesungguhnya mereka bertasbih memuji Alloh, Alloh ta’ala berfirman di dalam Al-Qur’an ”Langit yang tujuh, bumi dan semua yang ada di dalamnya bertasbih kepada Allah. Dan tak ada suatupun melainkan bertasbih dengan memuji-Nya, tetapi kamu sekalian tidak mengerti tasbih mereka. Sesungguhnya Dia adalah Maha Penyantun lagi Maha Pengampun”
”Subhanalloh..” Sahut seorang oeserta.
Sohib langsung menghentikan ceramahnya. Semua peserta tertegun. Pandangan mereka menuju arah peserta yang mendesah itu.
”Apa kau bilang?” tanya Junet tak yakin.
Sekarang Mamat yang jadi bingung.
”ya, kau tadi bilang apa?”
”Subhanalloh..”
”Mamat..ya Alloh, Mamat, kau bisa bertasbih, Mat, maksud gue bertasbih lancar” Ujar Junet girang.
”OOOUURRGGH..SUBHANALLOH..BENAR GUE BISA LANCAR!!” Mamat telat nyadar.
Semua anak-anak senang bukan kepalang. Mereka mengelu-elukan mamat. Bahkan sebagai wujud rasa syukur ada yang nyaranin Mamat dilempar ke jurang (?@#!)
***
Waktu kejadian di puncak gunung Bromo Mamat masih belum sembuh total. Tapi, Alhamdulillah, berkat terapi yang diikutinya di sebuah lembaga kesehatan dan berkat doanya yang nggak ada matinye, akhirnya Alloh mengkarunia Mamat kesembuhan.
Jodi yang obsesi berat menjadi penulis udah koar-koar bakal mengangkat kisah Mamat dalam Novel yang berjudul “Ketika Mamat Bertasbih, 100% Syuting Di Pasir (Bromo)”. Tapi keburu dibatalin. Alasan dia sih katanya takut nanti penjualannya booming en best seller trus karena padetnya berbagai macam undangan bedah buku, sekolah nya jadi terbengkalai (YEAAAK..Bujug)

http://nurulhayat.org/2009/06/29/ketika-mamat-bertasbih/

Post a Comment