HADITS KE 67
Dari Anas bin Sairin ia berkata,”kami menghadap ke Anas RA ketika ia datang dari Syam lalu kami memberinya kurma. Lalu aku melihatnya sedang sholat si atas keledai. Dan wajahnya dari sisi (yakni dari sisi kiri kiblat) lalu aku berkata,”aku melihatmu sholat tidak menghadap kiblat? Lalu ia berkata, “seandainya aku tidak pernah melihat Rosulullah SAW melakukannya maka aku tidak akan melakukannya.”.

MAKNA GLOBAL:
Anas bin Malik datang ke Syam, dan karena kemuliaan kekuasaannya serta luasnya ilmunya, penduduk Syam pun menyambutnya. Maka perawi menyebutkan (dan ia salah satu orang yang menyambut) bahwa ia melihat Anas sedang sholat di atas keledai dan ia menjadikan kiblat berada di sisi kirinya.
Lalu sang perawi menanyakan hal itu kepada Anas, lalu Anas menceritakan bahwa ia telah melihat Nabi SAW pernah melakukan hal itu. dan seandainya Nabi SAW tidak pernah mengerjakannya maka ia tidak akan mengerjakannya.

PELAJARAN YANG DIPETIK DARI HADITS INI:
1. hadits ini tidak menjelaskan apakah sholat yang dilakukan oleh Anas adalah sholat fardhu ataukah sunnah? Dan di antara yang di maklumi ialah bahwa sholat tersebut sholat sunnah karena diketahui dari perbuatan Nabi SAW yang dilihat oleh Anas dan selainnya.
2. Kiblat sholat di atas kendaraan ialah sesuai kendaraannya menghadap.
3. Boleh sholat sunnah di atas kendaraan ketika safar meskipun di atas keledai.

Diterjemahkan oleh Ain NurWS dari kitab SYarh Umdatul Ahkam
Dari kuliah ibadah yang disampaikan oleh Drs. H. Zaini Munir MF, M.A
Di PUTM Putri PP Muhammadiyah Yogyakarta

Post a Comment