TAUSHIYAH 1 MENIT (BAGIAN 6 dari 10)

OLEH: ABDULLAH GYMNASTIAR


51
Akan sulit mengusir ayam dari dalam kamar, seandainya terusirpun kamar akan menjadi kotor dan berantakan. Oleh karena itu, tutup pintu sebelum ayam masuk. Tutup peluang dosa sebelum berbuat.

52
Jangan melakukan sesuatu hanya semata-mata karena “ingin”, sebab “ingin” tidak pernah ada habisnya. Juga jangan semata-mata karena “suka”, sebab “suka” mudah berubah. Berubahlah karena “perlu” , sebab “perlu” mengundang banyak manfaat.

53
Apa yang kita inginkan tidak selalu akan terjadi, maka apabila kita tidak bertawakkal kepada Allah, bersiaplah untuk kecewa.

54
Ketika hati merasa sedih dan gelisah, jangan biarkan kesedihan itu larut dan mencuri hidup kita. Bangkitlah ! Perbanyak zikir dan bergaullah dengan orang yang penuh manfaat.

55
Bila aneka nikmat membuat kita melalaikan perintah-Nya, boleh jadi Allah akan menggiring kita pada beragam ujian hidup, karena hal itu adalah bagian dari kasih sayang Allah agar kita selalu ingat dan dekat kepadaNya.

56
Hati yang ridha dan realistis menerima kenyataan, akan membuat kita lebih tenang, lebih siap mencari solusi, dan lebih mendatangkan keridhaan Allah.

57
Ketenangan adalah langkah penting dalam mencari solusi. Karena itu, semakin cepat kita ingat dan mengembalikan urusan kepada Allah maka kita akan semakin merasa tenang. Sebaliknya, jika kita lupa kepada Allah maka hati akan larut dalam gelisah.

58
Dua hal kunci kemuliaan yang tidak boleh ditunda : Segeralah berterimakasih atas sekecil apapun kebaikan orang lain dan segeralah meminta maaf atas sekecil apapun kesalahan diri.
59
Hati-hati bila curhat kepada orang yang tidak tepat, alih-alih menjadi solusi malah menambah masalah. Karena itu, biasakanlah curhat hanya kepada orang yang ahli dan terpercaya serta serahkan semua hasilnya kepada Allah.
60
Berhati-hatilah bila kita mendengar curhat orang lain, sebab semua itu bisa menjadi cobaan dan amanah. Jangan sampai menjadi dosa dan fitnah dengan menceritakannya lagi kepada orang yang tidak berhak.


IKHLASH

Post a Comment