BACA!
Oleh : Mata ^-^


Saya heran, sampai sekarang masih ada aja orang yang menerapkan tradisi zaman baheula: Malas membaca. Ketahuan banget kalau tuh orang udah ketinggalan zaman, kurang ilmu dan informasi. Padahal teknologi informasi udah begitu cepatnya. Biarin aja mereka nggak tahu apa yang sedang kita bahas. Biarin mereka ibarat orang yang tuli dan buta karena ketinggalan informasi. Kita belajar sendiri aja! Eh, tapi kasihan juga ya kalau mereka itu saudara kita terus kita biarin aja?!! Musuh-musuh Islam nggak pernah berhenti belajar sementara kita nyantai-nyantai aja. bisa aja mereka(musuh-musuh Islam) tiba-tiba menyerang sebelum kita mempersiapkan diri. Wah, gaswat bener!
Makanya, aku titip pesan nih lewat kamu buat mereka yang malas baca. Kenapa nitip? Ya, Karena mereka malas baca. Jadi nggak mungkin ada waktu buat baca tulisan ini. Ok, Bilangin aja, baca itu penting. Baca itu belajar. Dan manusia, terutama umat Islam harus senantiasa belajar sampai akhir hayatnya. Menuntut ilmu itu sejak dalam gendongan ibu sampai ke liang lahat. Gitu‘kan kata Nabi SAW. Artinya nggak ada waktu tanpa belajar!
Bisa-bisanya mereka yang malas baca juga berangan-angan jadi orang sukses? Ada lagi malah yang pengen jadi penulis tapi malas baca. Mereka Cuma mau baca buku-buku pelajaran aja, buku yang lain enggak, itu pun pas waktu ulangan doang dan waktunya dibatasin pula. 1 jam untuk satu mata pelajaran. Ya, itu mah Cuma angan-angan mas, mbak! Nggak akan bisa terwujud cita-cita jadi penulis kalau nggak punya tradisi membaca. Membaca itu ibarat proses pengumpulan data yang akan kita tulis. Jadi semakin banyak yang kita baca, semakin beragam dan semakin berkualitas bacaan kita maka hasil yang kita dapatkan/yang bisa kita tulis otomatis semakin berkualitas pula. Cita-cita jadi penulis, Itu salah satu contoh aja. cita-cita yang lain juga ditunjang dengan membaca. Dan ingat, membaca alam juga penting. Karena dari situ pula segala hikmah bisa kita gali.
Tapi, boro-boro ya mereka(yang malas baca) memikirkan jenis bacaan, keragaman buku, sampai kualitas buku yang mereka baca. Wong baca aja enggak! Makanya aku titip pesan pula sama kamu, kasih tahu pentingnya membaca. Kamu udah ngerasain toh kekuatan tulisan? Yang sebagian karaktermu dipengaruhi olehnya. Ya, tulisan atau buku-buku yang kita baca adalah salah satu penentu karakter kita. Waw! Maka jangan segan baca bukunya Adian Husaini, Amin Rais, atau tokoh-tokoh yang lain yang kamu anggap patut dicontoh. Ups, Apa jangan-jangan kamu juga termasuk orang yang malas baca? Cuma kebetulan ada mood yang lagi tumben-tumbennya mampir di otakmu? Ah, nggak lah. Just kidding, kok!. If so, sampaikan pesan saya ke orang-orang dekatmu yang malas baca itu. Bilangin sekali lagi bahwa baca itu penting. “Bacalah dengan nama Tuhanmu Yang telah Menciptakan..”(QS. Al-‘Alaq:1). Tapi ingat, jangan bikin sakit ati waktu kamu menyampaikannya. “Serulah(mereka) olehmu kepada jalan Tuhanmu dengan hikmah dan nasihat yang baik” (QS. An-Nahl :125)




IKHLASH

Post a Comment