MENGHIRUP SEGARNYA UDARA PAGI ATAU TIDUR AJA?!!

Sepertinya sepele; menghirup udara pagi. Tapi coba deh kita tanya teman-teman kita atau bahkan diri kita sendiri, pagi hari atau habis shubuh kalo nggak ada kegiatan, apakah kita udah biasa menghirup udara pagi? Atau kita memilih untuk tidur pada pagi hari setelah shubuh?
Tidur pagi setelah shubuh itu nggak baik. Setuju kan?! Karena tidur pagi bisa menyebabkan pipi tembem, badan lemes, dan pastinya waktu yang sangat baik yang kita miliki jadi terbuang. Tapi kita masih sering melakukan kebiasaan buruk itu. Kenapa? Alasan utamanya pasti ngantuk dan tidur pagi setelah shubuh itu nikmat banget. Dan alasan kenapa kita pagi-pagi ngantuk tentu saja beragam. Ada yang karena ngerjain tugas sekolah/kuliah sampai larut malam, ada yang bantu ortu (wah, kalo begini contoh anak berbakti nih), ada yang karena nonton film, ada yang saking pengennya ngirim karya ke Kuntum sampai dikerjain larut malam (padahal Kuntum nggak maksa ya) de-el-el. Ok lah, terserah apa alasan kita kenapa kita ngantuk pada pagi hari setelah shubuh itu yang pasti tidur habis shubuh itu nggak baik buat jasmani maupun ruhani kita. Nah lho, gimana dunk solusinya?
Sobat Kuntum, coba deh habis shubuh itu kita keluar dari singgasana kita. Kita buka pintu rumah, kita hirup udara segar. Sambil olah raga juga bisa. Atau bisa juga jika di depan rumah kita memadai, kita bisa sambil baca al qur’an, membaca buku, dan dzikir (wah, banyak amat bacanya). Beneran, seger banget rasanya. Emang sih agak dingin gitu hawanya. Tapi dinginnya itu justru seger dan bisa menghilangkan ngantuk. Dan udah menjadi rahasia umum bahwa udara habis shubuh itu sebenernya baik banget buat kesehatan. Iya nggak?!
Sobat Kuntum, kita kan dikasih kesempatan oleh Allah untuk hidup di pagi hari itu, kenapa nggak kita manfaatkan kesegaran pagi itu sendiri? Padahal nggak bayar. Dan yang namanya udara pagi, kan nggak akan ada di siang, sore, atau malam hari. Adanya ya di pagi hari. Daripada kita menghabiskan waktu setelah shubuh hingga menjelang sekolah dengan mendengkur di atas kasur, kan mending kita hirup udara pagi. Kalo masih ngantuk gimana? Masuk rumah lagi, ambil air wudhu, lalu berwudhulah seperti hendak sholat. Pasti seger lagi.
Lakukan kegiatan menghirup udara pagi ini setiap hari. insyaAllah kita akan:
Secara otomatis meninggalkan kebiasaan buruk kita;tidur habis shubuh.
Kita akan merasa segar untuk melakukan aktifitas kita selanjutnya.
Bisa mensyukuri nikmat Allah karena masih diberi kesempatan untuk hidup.
Minimal kita mendapatkan manfaat di atas. Manfaat lain tentu masih banyak. Coba aja dicari di internet dan dibuktikan sendiri. Ok?!
“Demi masa. Sesungguhnya manusia itu benar-benar berada dalam kerugian, kecuali orang-orang yang beriman dan mengerjakan amal shaleh dan nasihat menasihati supaya menaati kebenaran dan nasihat menasihati supaya menetapi kesabaran.” (QS. Al ‘Ashr ayat 1-3)
Dan lebih baik lagi jika sobat Kuntum memang punya sebuah kegiatan pada pagi hari. Misalnya membantu orang tua memasak, atau apa sajalah yang penting kita nggak membuang waktu kita dengan sia-sia. So, rugi kan kalo kita menghabiskan waktu pagi hari yang harusnya buat beramal sholih lalu Cuma kita pake buat tidur?!
By: Ain Nurws

(artikel ini pernah dimuat di majalah KUNTUM edisi Maret 2011)

1 Komentar

Posting Komentar