Hari Ahad, 14 Agustus 2011 PDM Gunung Kidul mengadakan beberapa macam lomba untuk anak TPA dan remaja masjid se-Gunung Kidul. Aku dan teman-teman peserta MH se-Gedangsari tidak tau mengenai lomba yang diadakan di Masjid Al-Ikhlas, PDM Gunung Kidul itu. Yah, terpaksa kami hanya akan menonton perlombaan yang sepertinya cukup seru itu.
Untuk sampai di Masjid Al-Ikhlas Gunung Kidul ternyata memakan waktu yang cukup banyak. Belum lagi medan yang harus kami lewati adalah pegunungan. Sehingga naik-turun. Nah, salah satu desa yang kami lewati adalah desa Nglanggeran. Desa ini cukup unik menurutku, karena di sepanjang jalan banyak bebatuan yang berukuran sangat besar, mulai dari yang satu meter kubik sampai belasan bahkan puluhan meter kubik. Tapi ngeri juga (kalo batunya menggelinding gimana??). menurut penuturan pak Sri, batu-batu tersebut adalah hasil muntahan gunung berapi yang namanya Gunung Terbah, yang pernah meletus beberapa tahun yang lalu (tepatnya saya lupa tidak menanyakan). Dan gunung Terbah yang kami lewati ini sekarang sudah tidak menjadi gunung berapi lagi, alias sudah tidak aktif. Belakangan dikabarkan gunung ini mau aktif lagi, karena sempat beberapa waktu lalu gunung ini mengeluarkan asap yang membuat warga khawatir. namun kabar terkahir menyatakan bahwa gunung ini sudah tidak aktif lagi.
Belum lama ini Desa Nglanggeran menjadi tempat wisata baru di Gunung Kidul. Hal ini tidak mengherankan karena desa Nglanggeran merupakan lokasi yang cukup indah pemandangannya. Selain itu yang membuat desa ini menjadi lokasi wisata adalah adanya lokasi untuk panjat tebing yang cukup diminati wisatawan. Beberapa tahun terakhir ini, Kepala desa Nglanggeran sudah melakukan perbaikan kondisi desa dan mengarahkannya menjadi ekowisata. Nampak jalan-jalan yang kini sudah lebih baik dan dipasang juga pagar-pagar kecil bercat hijau-putih yang menghiasi sepanjang tepi jalan di desa Nglanggeran ini. Salut dengan kepala desa Nglanggeran dan pihak-pihak yang terkait dengan kemajuan desa ini.. semoga ke depannya lebih baik. Amien. 

BY : CAHAYA

Post a Comment