Kamis, 22 Desember 2011
Seandainya aku diberi kesempatan untuk bertanya kepada orang yang tepat, aku akan bertanya, bagaimana caranya agar aku menjadi orang yan cerdas?
Hidup ini ternyata tidak cukup dengan hanya menjadi orang baik. Kita juga butuh yang namanya cerdas. Namun selama ini tidak banyak orang yang bisa mencapai dua hal itu sekaligus; baik dan cerdas. Banyak orang baik, tapi tidak cerdas. Banyak juga orang cerdas, tapi tidak baik.
Coba bayangkan, hidup tanpa kecerdasan? Pusing ketika memikirkan masalah sedikit saja. Niatnya baik, tapi karena tidak cerdas, niat baik jadi berantakan. Teknis diabaikan. Tidak ada tahsin, apalagi al-birr. Yang ada hanyalah hitam dan putih. Tidak ada celah untuk toleransi. Bahkan tidak ada kesempatan untuk berhusnudzan ketika sesuatu yang sedang dihadapi terlihat samar. Disamakanlah semuanya. Tidak ada yang benar di matanya.
Menjadi orang cerdas itu penting. Tapi gimana caranya? Saya juga tidak tahu. Yang saya tahu cerdas itu membuat segalanya menjadi mudah. Dan kecerdasan itu harus dimanfaatkan dengan hati. Hati yang bersih harus membimbing kecerdasan yang dimiliki, Jadilah orang yang cerdas.
:)

Ain NurWS

2 Komentar

  1. blog yang bagus....
    isinya bermanfaat....
    selamat ya,,,,

    kunjungi juga http://kajiandakwahjepara.blogspot.com/

    BalasHapus

Posting Komentar