Budaya Indonesia
Budaya sebagai hasil karya, rasa dan karsa suatu bangsa. Indonesia dikenal sebagai negara yang kaya budaya. Hal ini menjadi kebanggaan tersendiri bagi bangsa Indonesia karena budaya merupakan kekayaan yang tak ternilai yang dimiliki oleh bangsa. Tidak heran bangsa Indonesia senantiasa berusaha menjaga budayanya agar tetap utuh dan lestari.
Kekayaan budaya bangsa Indonesia dikarenakan bangsa ini memiliki beragam suku dan keyakinan yang tersebar di ribuan pulau di sepanjang tanah air Indonesia, dari Sabang sampai Merauke. Selain kesukuan dan keyakinan, kondisi geografis Indonesia yang terdiri dari ribuan pulau yang terpisah juga menjadi faktor lahirnya beragam budaya di Indonesia. Dari berbagai macam suku dan keyakinan yang ada inilah, bangsa Indonesia melahirkan banyak budaya berupa bahasa, upacara keagamaan, rumah adat, tarian adat, pakaian adat, permainan anak-anak, sampai masakan khas daerah.
Kebudayaan yang dimiliki oleh Indonesia masing-masing membawa nilai-nilai luhur yang disisipkan oleh pencetusnya. Misalnya saja makanan yang bernama apem dari pulau Jawa, menurut salah satu sumber, apem diambil dari kata afwan yang dalam bahasa Arab berarti “maaf”. Makanan apem dibuat pada saat menyambut bulan Ramadhan. Nilai-nilai yang ingin disampaikan adalah agar orang Islam saling memaafkan sebelum memasuki bulan Ramadhan sehingga pada saat sudah masuk bulan Ramadhan hati sudah suci. Mungkin inilah salah satu strategi pengajaran nilai-nilai moral maupun religius yang dilakukan oleh para pendahulu bangsa dan harus disyukuri sebagai suatu kekayaan yang tak ternilai harganya.
 Tulisan ini dibuat untuk memenuhi permintaan seorang teman asal Kenya yang sedang sedang kuliah di IIUM yang akan mengikuti BAHASA INDONESIA COMPETITION di Indonesian Embassy.


 

Post a Comment