Setiap orang pasti menginginkan jodoh yang baik. Sekalipun dirinya mengakui bahwa dia bukan orang baik. Karena yang namanya jodoh adalah orang yang kita menikah dengannya dan akan hidup bersama dalam waktu yang lama. Mendapatkan jodoh yang baik bukanlah perkara mudah. Di samping kita juga belum yakin bahwa kita sudah baik, juga kadang kita sudah bertemu dengan orang baik pada saat sebelum menikah, namun setelah menikah ternyata yang ada pada pasangan kita tidak sebaik sebelum menikah.

Oleh karena itu Allah mengajarkan sebuah doa di dalam Al-Qur'an, yakni di dalam Q.S. Al-Furqon ayat 74. (doanya mulai dari 'robbanaa...')


 وَالَّذِينَ يَقُولُونَ رَبَّنَا هَبْ لَنَا مِنْ أَزْوَاجِنَا وَذُرِّيَّاتِنَا قُرَّةَ أَعْيُنٍ وَاجْعَلْنَا لِلْمُتَّقِينَ إِمَامًا (74)

artinya: Dan orang-orang yang mengatakan "Wahai Tuhan kami, anugerahkanlah kepada kami pasangan kami dan anak keturunan kami sebagai penyejuk mata, dan jadikanlah kami pemimpin bagi orang yang bertakwa."

Banyak ulama' yang berpendapat mengenai ayat ini (saya ambil dari tafsir Ath-Thabari) bahwa yang dimaksud penyejuk mata atau yang menyenangkan mata atau yang menyenangkan ketika dilihat adalah mereka (pasangan dan anak) yang taat kepada Allah. Sehingga poinnya di sini adalah kita berdoa kepada Allah agar diberikan pasangan yang taat kepada Allah sehingga anak turun kita juga taat kepada Allah. (Lihat tafsir Ath-Thabari di maktabah syamilah, pada bagian Q.S. Al-Furqon ayat 74).

Doa ini tidak hanya dibaca ketika kita sudah sangat menginginkan menikah. Doa ini bahkan dianjurkan ketika kita belum merencanakan menikah, belum bertemu siapa yang orang yang akan menjadi pasangan kita, pun bisa kita baca saat kita sudah berpasangan (bersuami/beristri). 

Yang belum merencanakan nikah, agar doa kalian menjadi tabungan. Mudah-mudahan doa yang kalian baca terus menerus ini memudahkan kalian memperbaiki diri lalu bertemu jodoh yang  baik tanpa harus melewati lika-liku atau bahkan pacaran.

Buat yang sudah menikah. Saya yakin, di dalam diri pasangan kalian pasti ada yang kurang menyenangkan. Mudah-mudahan dengan doa ini lambat laun pasangan kalian menjadi lebih baik. Lebih dekat kepada Allah dan lebih menyayangi kalian sebagai pasangan.

Sekian dulu sharing dari saya. Semoga bermanfaat.


Post a Comment