(Tulisan ini hanya sekedar penemuan kecil, penemuan sekilas terkait isu childfree dan hubungannya dengan LGBT maupun trans gender)

Dalam seminggu terakhir ini ramai dibicarakan isu childfree setelah salah satu public figure sekaligus influencer dan konten creator muda mengungkapkan pilihannya untuk childfree. Childfree sendiri sebuah keputusan atau pilihan hidup untuk tidak memiliki anak, baik itu anak kandung, anak tiri, ataupun anak angkat.[1]

Saya pun tergelitik untuk mencari tau sosok public figure yang sudah menyuarakan pilihannya terkait childfree ini. Setelah saya lihat-lihat sekilas, oh ternyata…

1.      Seorang Muslimah berhijab

Awalnya saya kira penyuara childfree ini non muslim/ah, dan ternyata dia Muslimah. Baiklah, kemudian saya lihat postingannya sekaligus story nya untuk mencari tau sesuatu yang mungkin membuat beliau sampai punya pandangan seperti itu.

 

2.     Lagi-lagi Hak asasi manusia (HAM) yang menjadi justifikasi

Sebelum saya melihat postingan beliau, saya lihat dulu story nya. Oh ternyata ada repost story orang lain yang sepemikiran dengannya. ini dia maksud saya.


Do you get the point? Kalau saya sih sudah. Jadi ingat masa-masa mempelajari isu feminisme.

 

3.       sejauh yang saya baca, bahwa orang yang memutuskan chidfree itu :[2]

Pertama, keputusannya diambil secara sadar

Kedua, keputusan diambil dari waktu ke waktu, bukan karena suatu peristiwa

Ketiga, memang tidak tertarik dengan anak

Keempat, tidak suka kehidupan berubah saat memiliki anak

Kelima, ingin dekat dengan pasangan

Keenam, memiliki anak dianggap membatasi keinginan dalam hidup

 

4.       Terakhir, dari hasil melihat postingan sekilas, saya menemukan ini:


Dari sini, saya sudah tidak ingin ‘kepo’ (kepo: knowing every particular object) lebih jauh. Sudah cukup dari sini saya dapat jawaban. Lha wong sama hal-hal yang jelas-jelas Islam sangat bertolak belakang saja dia mendukung, maka tidak mengherankan jika dia punya pendapat semacam (baca: sekedar) childfree.

Semoga kita semua dalam lindungan dan hidayah Allah.

Jika ingin membaca pendapat para pakar Islam dengan penjelasan yang lebih lengkap dan dalil yang rinci terkait childfree menurut pandangan Islam, Sudah ada beberapa website yang menayangkan artikelnya:

1.       Bolehkah Muslim Ikut Tren Childfree (Keputusan Menikah Tanpa Memiliki Anak)? | (rumaysho.com)

2.       Memutuskan <em>Childfree</em>, Bolehkah dalam Islam? (republika.id)

3.       Hukum Childfree dalam Islam | Bincang Syariah

4.       Trend Childfree dalam Pandangan Islam (nu.or.id)

Sabtu, 21 Agustus 2021





Post a Comment